Foto: Sandi for JPNews

JPNews - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau Bandar Lampung selama 12 tahun tidak membayar pajak air bawah tanah yang berlokasi di Way Linti Desa Wiyono Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. 

Hal ini terungkap saat Panitia Khusus (Pansus) Peningkatan Asli Daerah (PAD) DPRD Kabupaten Pesawaran melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Way Linti milik Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Saat kami dari Pansus bersama PDAM Kabupaten Pesawaran melakukan sidak di Way Linti, ternyata perusahaan tersebut selama 12 tahun tidak membayar pajak," ungkap Ketua Pansus PAD DPRD Kabupaten Pesawaran, Hipni Idris, Jumat (26/10).

Dia melanjutkan PDAM Way Rilau wajib membayar pajak air bawah tanah tersebut, karena lokasi sumber mata air yang terletak di Way Linti itu berada di daerah Kabupaten Pesawaran.

"Di Way Linti itu ada sebanyak lima mata air yang di bendung dan di alirankan ke PDAM Way Rilau dan selama ini tidak ada kontribusi sedikitpun ke pemerintah daerah pesawaran,” katanya.

Hal ini di benarkan oleh Direktur PDAM Kabupaten Pesawaran K. Togatorop terkait dengan kontribusi pajak air bawah tanah sumber mata air Way Linti yang berada di wilayah Kabupaten Pesawaran.

“Memang selama ini PDAM Way Rilau Bandar Lampung tidak pernah bayar pajak retribusi air bawah tanah sumber mata air Way Linti yang berada di Desa Wiyono,” ujarnya ketika dihubungi melalui seluler, Jumat (26/10).

Dia menyebutkan ada sebanyak lima sumber mata air yang ada di Way Linti, dan selama ini dari zaman nya Bupati Haris Fadillah tidak pernah bayar pajak sampai dengan saat ini.

“Saya berharap DPRD Kabupaten Pesawaran agar membantu permasalahan ini agar PDAM Way Rilau dapat membayar kewajiban nya membayar pajak untuk peningkatan PAD Kabupaten Pesawaran,” tutupnya. 

Sementara itu Kasubag PDAM Way Rilau Pemerintah Kota Bandar Lampung, Efri saat dikonfirmasi beberapa kali melalui telepon selulernya tidak menjawab walau aktif. Demikian pula pesang singkat (short messsage service) tidak dibalas.

(snd/JPN)

Komentar

Lampung Lainnya