JPNews -  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan Top 40 inovasi pelayanan publik. Hal itu melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 636/2018.

"Kita telah menetapkan 40 terbaik untuk inovasi pelayanan publik 2018. Saya mengapresiasi instansi pemerintah yang lolos sampai tahap ini," jelas Menteri PANRB Syafruddin saat jumpa pers di Jakarta, Senin (22/10).

Top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 merupakan inovasi yang dikategorikan outstanding (terpuji) hasil seleksi dari top 99. 

Penilaian Kompetisi dilakukan secara independen oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pakar pelayanan publik yang kompeten dan memiliki reputasi baik.

Adapun top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 terdiri dari 5 inovasi kementerian, 2 inovasi Kepolisian Negara RI, 8 inovasi pemerintah provinsi, 15 inovasi Kabupaten, 10 inovasi dari pemerintah kota. 

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Pencatatan Hak Cipta Online dengan Teknologi Kriptografi)

2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan - Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (SILK (Sistem Informasi Legalitas Kayu): Inovasi untuk Menjawab Tantangan Global Perdagangan Kayu Legal)

3. Kementerian Luar Negeri - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia (MENIKUM (Menikah Untuk Melindungi): Pelayanan Pengesahan Perkawinan (Itsbat Nikah) Bagi WNI di Luar Negeri)

4. Kementerian Luar Negeri - Museum Konferensi Asia Afrika, Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Jarum Pentul (Jadi Relawan Museum itu Penting dan Gaul)

5. Kementerian Sosial - Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita Kartini Temanggung (Mencapai Nol Kerentanan Penyandang Disabilitas Intelektual Melalui Sheltered Workshop Peduli)

6. Polri - Polres Jayapura, Polda Papu (RM PAPEDA atau Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai)

7. Polri - Satuan Brigade Mobil, Kepolisian Daerah Jambi (Membangun Pelayanan Publik Melalui Patroli Edukasi Brimob Polda Jambi pada Suku Anak Dalam di Rimba Merangin Jambi)

(mam/JPN)

Komentar

Nasional Lainnya