JPNews - Ketua Pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Komarudin Hidayat mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu alternatif dan model bagi perkembangan Islam di dunia. Terlebih selama ini barat selalu mempersepsikan Islam adalah Timur Tengah.

Selain itu, Indonesia mempunyai pengalaman panjang tentang Islam dan demokrasi. Indonesia telah mengenal demokrasi sejak dulu, sehingga dikenal apa yang disebut musyawarah, gotong royong, seta partisipasi aktif langsung masyarakat dalam pembangunan.

"Makanya demokrasi dan Islam Indonesia itu punya akar sejarah yang kuat yang belum banyak dieksplore, dipelajari, dan dikenalkan pada dunia barat," ujar Komarudin, Rabu (10/10).

Islam Indonesia, lanjut Komarudin, memiliki berbagai mazhab berbeda yang bisa diterima masyarakat. Hal ini dikarenakan secara kultural masyarakat Indonesia plural, sehingga ketika bertemu perbedaan telah siap secara mental.

"Ini menarik ketika kita kemudian hidup di alam demokrasi, Islam ini juga dan negara ini berkembang bareng. Ini menjadi model yang perlu dikenalkan pada dunia," pungkas dia.

(drw/JPN)

Komentar

Nasional Lainnya