TOP 0 Bola



JPNews - Tragedi meninggalnya Harlingga Sirla salah seorang suporter Persija Jakarta, akibat dikeroyok oleh sejumlah oknum pendukung Persib Bandung beberapa waktu lalu.

Salah satu kelompok suporter Manchester City atau The Citizens yaitu, Manchester City Supporter Club Indonesia (MCSCI) Chapter Sukabumi, Jawa Barat, turut angkat bicara terkait peristiwa naas tersebut.

"Seharusnya sepak bola menjadi perekat bangsa juga memajukan, memperkokoh persatuan dan kesatuan," kata Ketua MCSCI Chapter Sukabumi, Asep Ruhiyat kepada sejumlah awak media, Senin (1/10).

Menurut Asep, sepak bola itu rivalitas terjadi hanya selama 90 menit di dalam lapangan. Di luar lapangan itu, kita harus bersatu sebagai satu kesatuan suporter untuk memajukan persepakbolaan Indonesia.

"Saya sangat terpukul dan kecewa adanya tindakan kekerasan yang dipicu akibat fanatisme gara-gara beda klub," ucapnya.

Seharusnya lanjut Asep, para suporter klub sepak bola di Indonesia harus banyak belajar dari suporter fanatik klub di luar negeri. 

"MCSCI yang didirikan pada tahun 2011, berupaya meniru dan mengambil pelajaran positif para suporter di mancanegara, khususnya di Liga Inggris. Setiap akhir pekan, MCSCI menggelar nonton bareng berbaur dengan suporter klub Inggris lainnya yang ada di Sukabumi, seperti pendukung Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Manchester United," ungkapnya.

"Nobar berjalan damai tanpa ada aksi mengejek lawan karena berbeda pilihan, itu hal yang biasa. Beda pilihan jangan sampai memecah persahabatan dan persaudaraan," imbuhnya.

Selain itu, sambung Asep, Di Liga Inggris sana, banyak juga suporter garis keras dan fanatik. Tapi kebanyakan mereka berpandangan, rivalitas hanya 90 menit di lapangan hijau, di luar rentang waktu tersebut, para suporter merupakan saudara. Sementara di Liga Indonesia masih banyak oknum suporter yang menganggap rivalitas terjadi sepanjang waktu. Akibatnya banyak korban berjatuhan karena fanatisme klub yang tidak jelas arahnya. 

"Mudah-mudahan ke depannya suporter sepak bola di Indonesia semakin lebih baik lagi kualitas karakter dan kepribadiannya. Semakin dewasa dan berpikiran maju untuk memajukan sepak bola Indonesia dan setiap pertandingan berjalan dengan aman, tertib, dan damai," tandasnya.

Selain menggelar Nobar tiap akhir pekan, MCSCI juga sering mengadakan pertemuan dan kegiatan rutin seperti futsal, kopdar, agenda tahunan buka bersama, dan bakti sosial. Mereka juga rutin menyelenggarakan gathering tingkat Jawa Barat dan nasional. (drw)

Komentar

Bola Lainnya