Karinding Sukabumi Ngahiji (Karasukan)

JPNews - Karinding Sukabumi Ngahiji (Karasukan) akan menggelar peringatan Milangkala (ulang tahun) yang ke tiga. Berbeda seperti acara dua tahun sebelumnya, kali ini komunitas pecinta dan pelestari karinding tersebut akan menggelar hajatannya di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (18/02) pekan depan.

"Acaranya hari Minggu nanti. Dari jam 09.00 WIB sampai selesai", kata Pupuhu Kanca atau sesepuh Karasukan, Firman Nurmansyah kepada JP-News.id, Minggu (11/2).

Jika biasanya Taman Urang Kota Sukabumi menjadi tempat favorit, tahun ini Gedung Juang 45 dipilih sebagai tempat penyelenggaraan. Menurut Firman, pemilihan lokasi kegiatan lebih karena memperhitungkan faktor cuaca dan faktor kenyamanan, mengingat Kota Sukabumi sebentar lagi akan menghadapi Pilkada.

"Biar kegiatannya lancar. Sekarang kan masih musim hujan, belum lagi Kota Sukabumi sedang menghadapi Pilkada. Taman Urang kan tempatnya terbuka,  takut nanti menimbulkan persepsi lain. Acara ini murni acara seni dan budaya," lanjutnya.

Selain pentas karinding yang akan dibawakan oleh grup dan komunitas karinding, Dalam Gurat Lengkah Tilu Karasukan juga akan menampilkan beragam kesenian sunda buhun lainnya seperti Dog Dog Lojor, Tarawangsa, Ibing Pencak Silat Karinding serta seni kolaborasi lintas komunitas.

Namun ada hal yang tak kalah unik. Panitia menghimbau seluruh peserta yang datang ke acara tersebut untuk membawa gelas sendiri untuk meminimalisir sampah plastik yang dihasilkan dalam sebuah kegiatan.

"Sunda mengajarkan kita untuk hidup harmonis dengan alam. Ini langkah kecil kami untuk mulai merawat alam semesta yang sudah memberi kita kehidupan. Minuman dan makanan ringan kami sediakan, tapi ingat! Bawa sendiri gelasnya," pungkas Firman. (hrl/drw)

Komentar

Jabar Lainnya