JPNews - Jelang masa kampanye dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), menertibkan alat peraga kampanye (APK) liar yang bertebaran di kabupaten setempat.

Penertiban APK liar itu berlangsung sejak Kamis (20/9) kemarin, hingga Jumat (21/9), seluruh alat peraga kampanye, baik untuk para calon anggota legislatif maupun calon Presiden dan Wakil Presiden, telah dibersihkan.

Tak kurang ditemukan sebanyak delapan APK liar ditertibkan di ruas jalan lintas dan protokol, mulai dari Simpang Propau Kecamatan Abung Selatan hingga seputar wilayah kota Kotabumi.

Ketua Bawaslu Lampura, Hendri Hasyim, mengatakan, sebelum 23 September 2019 mendatang, seluruh atribut yang masuk dalam katagori APK harus ditertibkan. Menurut Hendri Hasyim, dalam Undang-Undang Lemilu maupun Peraturan KPU (PKPU) mengatur tentang tatacara dan jadwal kampanye.

"Secara resmi, kampanye akan berlangsung mulai 23 Sepetember nanti hingga masa tenang di bulan April 2019 mendatang. Jadi, APK yang sudah ada dan terpasang di berbagai titik saat ini merupakan APK liar yang harus ditertibkan," ujar Hendri, saat ditemui mengawal langsung penertiban APK liar tersebut, Jumat (21/9). 

Dalam penertiban APK kali ini, lanjut dia, pihak Bawaslu Lampura bekerjasama dengan berbagai instansi Pemkab. Lampura, seperti Kesbangpol, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan, juga Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat. 

"Kita dibantu teman-teman dari Kesbangpol, Pol-PP, Dishub, serta Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat. Yang pasti, hari ini harus selesai semua. Untuk di kecamatan-kecamatan yang ada, kita limpahkan wewenang ini pada Panwascam masing-masing kecamatan," tutur Hendri.

Ketua Bawaslu Kab. Lampura juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan serta secara aktif dalam mengawasi jalannya Pemilu 2019 mendatang. 

"Saya berharap masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya sekaligus ikut mengawasi jalannya pesta demokrasi sehingga Pemilu 2019 dapat berlangsung secara jujur, adil, dan bermartabat. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua, " himbau Hendri. 

Pantauan di lapangan, beberapa APK calon legislatif dan APK calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin telah ditertibkan. 

(ard/JPN)

Komentar

Lampung Lainnya