TOP 0 JP-Torial

Sungai Citarum.FOTO: VOA-Indonesia

JPNews - Pemkab Karawang, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran sekitar Rp77 miliar untuk mendukung gagasan pemerintah pusat berupa program Citarum Harum.

"Anggaran sekitar Rp77 miliar yang bersumber dari APBD Karawang itu akan digunakan untuk 79 kegiatan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat Wawan Setiawan, di Karawang, Jumat (9/2).

Menurutnya, anggaran tersebut tidak hanya dialoaksikan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, tapi juga dialokasikan di sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang. Di antaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Dinas Pertanian.

Setiap anggaran akan dikelola di sejumlah organisasi perangkat daerah dengan menyesuaikan kegiatan yang ditujukan untuk membangun program Citarum Harum.

"Jadi Rp77 miliar itu merupakan total anggaran untuk 79 kegiatan perbaikan Citarum di sejumlah organisasi perangkat daerah. Khusus anggaran di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sebesar Rp1,4 miliar," kata dia.

Terkait dengan program itu, Wawan mengaku akan mengundang 81 perusahaan yang membuang limbahnya ke Sungai Citarum.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi mengenai kondisi sungai tersebut. (gun/drw)

Komentar

JP-Torial Lainnya