Jalur sepeda yang ada di ruas Jalan R Syamsudin SH, Cikole, Kota Sukabumi yang beralih fungsi menjadi lahan parkir mobil. Foto: Herlan Heryadie/JP-News.id

JPNews - Jalur khusus sepeda yang mengitari Kota Sukabumi perlahan beralih fungsi menjadi tempat parkir dadakan. Jalur khusus yang dicat warna hijau itu membentang kurang lebih empat kilometer dengan lebar satu meter. Mulai dari Jalan R Syamsudin SH, Jalan Suryakencana, Jalan Perintis Kemerdekaan, serta Jalan Veteran Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman bahkan mengaku kesal lantaran jalur khusus sepeda itu tak digunakan sebagaimana mestinya. Terlebih, pembuatan jalur sepeda itu memakan APBD Kota Sukabumi tahun anggaran 2016-2017 sebesar Rp 238 juta, malah dijadikan lahan parkir kendaraan roda empat.

Menurutnya jalur sepeda diperuntukkan bagi para pengguna sepeda bukan untuk parkir atau jalur kendaraan lainnya.

"Jalur khusus sepeda itu ada tanda khusus, dicat warna hijau lalu diberi gambar sepeda. Ini buat keselamatan pengguna jalur sepeda," kesal Abdul Rachman saat diwawancarai awak media, Senin (29/1).

 Terkait penindakan, pihaknya baru bisa memberikan teguran. Pasalnya, belum ada payung hukum yang jelas terkait jalur sepeda tersebut. Baik Peraturan Walikota (Perwalkot) maupun Peraturan Daerah (Perda).

"Saat ini, kami hanya bisa menegur para pelanggar dengan menempelkan stiker pada kendaraannya sebagai bukti telah melanggar," imbuhnya.

Lanjut Rachman, nanti kalau sudah ada perda, kami bisa menindak dengan tegas. Saat ini sedang dibuat dan kita ajukan pada triwulan pertama ke DPRD Kota Sukabumi.

Untuk semakin mematangkan konsep jalur khusus sepeda di Kota Sukabumi, pihaknya juga berencana mengundang sejumlah komunitas pesepeda untuk bersama-sama membahas optimalisasi fungsi jalur sepeda tersebut.

"Dishub rencananya akan memperpanjang jalur ke ruas jalan yang lain. Kita bahas juga dengan komunitas pesepeda itu soal jalur mana saja yang bisa dibuat jalur khusus sepeda," tandasnya.(hrl/drw)

Komentar

Jabar Lainnya