Tugu Siger Lampung di Lampung Selatan

JPNews - Provinsi Lampung kini memiliki 15 kabupaten/kota dengan usia 54 tahun.

Namun, tak banyak yang tahu sejarah terbentuknya provinsi itu.

Ya, pembentukan Provinsi Lampung sebelum mekar di bawah naungan Pemerintahan Sumatra Selatan (Sumsel). 

Lampung sebelum menjadi provinsi di bentuk Karesidenan Lampung. Tepat pada tanggal 18 Maret 1964 menjadi hari yang bersejarah bagi Sai Bumi Rua Jurai itu.

Adalah Kusno Dhanupojo, dilantik untuk kali pertama menjadi penjabat gubernur. Kusno dilantik oleh Menteri Dalam Negeri yang di wakili Eny Karim pada 18 Maret 1964. 

Sekitar pukul 20.00 Wib terjadilah detik-detik bersejarah yaitu upacara serah terima pemerintah daerah/ kepala daerah yang disaksikan Eny Karim kala itu.

Terbentuknya Provinsi Lampung, berdasarkan Surat  Menteri Dalam Negeri tenggal 14 Desember 1963 Nomor : BK/2103/5-472, A. 17 .1313-3 oleh Pemerintah Daerah Sumatra Selatan. 

Lalu, surat keputusan oleh Pemerintah Pusat tanggal 08 Januari 1964 nomor : L.5/ 1964.

Pada masa itu, pemerintah pusat telah menyetujui pembentukan daerah Swatantra Tingkat I Lampung dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Sebagai upaya percepatan pemekaran, dibentuk team asistensi yang bertugas membantu gubernur/kepala daerah Sumsel.

Diantaranya, usaha percepatan mengumpulakan bahan-bahan yang diperlukan untuk pemindahan hak, tugas, kewajiban dan wewenang  dari Pemerintah Sumsel kepada Pemerintah Daerah Lampung. 

Termasuk terkait masalah kepegawaian, harta benda (bergerak atau tidak bergerak, passiva dan activa) untuk diserahkan kepada Pemerintah Daerah Lampung. 

Sejarah singkat Provinsi Lampung itu kerap dibacakan pada saat paripurna istimewa di DPRD di kabupaten/kota di Lampung saat HUT Provinsi Lampung.

Termasuk Ketua DPRD Lampung Barat (Lambar) Edi Novial saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Provinsi Lampung ke-54 tahun 2018, di Gedung Marghasana, Senin, 19 Maret 2018.

(mst/JPN)

Komentar

Lampung Lainnya