TOP 0 News Indepth



JPNews - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan pengelolaan dua bandara, yaitu Bandara Radin Inten II Lampung dan Bandara Fatmawati Bengkulu ke Angkasa Pura II.

Pelakasana Tugas Direktur Jenderal Perhubungn Udara Kemenhub Pramintohadi mengatakan dengan kerja sama operasi tersebut bisa mengembangkan kapasitas serta pelayanan yang lebih baik.

"Bandara Lampung dan Bengkulu ini dari sisi pertumbuhan cukup bagus dan apabila dari sisi investasi akan dilakukan dengan baik oleh AP II, dari sisi pelayanan wajahnya juga akan lebih baik," kata dia dalam sambutannya di Jakarta, Senin (27/8).

Selain itu, lanjut Pramintohadi, dengan dikelola oleh AP II diharapkan rute-rute dari dan menuju dua bandara tersebut semakin ramai dan bisa menjadi penggerak sektor pariwisata.

"Kita harapkan juga dalam tiga tahun, satu sampai dua tahun penambahan rute-rute penerbangan maskapai baru akan masuk," tukas dia.

Selain dua bandara tersebut, bandara selanjutnya yang akan dialihkelolakan kepada AP II, yaitu Bandara Nias dan Bandara Sibolga.

Untuk bandara yang diserahkan ke AP I, salah satunya Bandara Sentani.

Kerja sama pengelolaan tersebut ditujukan dalam rangka penghematan APBN karena akan dialokasikan untuk bandara-bandara yang berada di daerah, terluar, terdepan dan terpencil (3T).

Terkait pengalihan status aparatur sipil negara (ASN), Pramintohadi meminta beberapa dialihkan menjadi pegawai AP II.

"Ini merupakan tantangan bagi AP II nanti akan ada beberapa ASN yang bergabung dengan AP II," tukas dia.


(ant/JPN)

Komentar

News Indepth Lainnya