JPNews - Apptopia, perusahaan analisis aplikasi melansir masyarakat pengguna aplikasi obrolan di dunia menghabiskan 85 miliar jam untuk menggunakan aplikasi WhatsApp dalam tiga bulan terakhir.

Artinya setiap orang di dunia menghabiskan 11.425 jam di WhatsApp dalam kurun waktu tersebut.

"Sudah jelas WhatsApp adalah aplikasi perpesanan global pilihan," kata juru bicara Apptopia, Adam Blacker, seperti dilansir dari laman Forbes.

"Aplikasi yang berkaitan dengan komunikasi mengambil sebagian besar waktu yang dihabiskan pada aplikasi seluler kita," sambung dia.

Menariknya, dari data tersebut orang-orang hanya menghabiskan 30 miliar jam di Facebook.

Berikut 10 aplikasi teratas berdasarkan waktu yang paling banyak dihabiskan dalam aplikasi.

1. WhatsApp
2. WeChat
3. Facebook
4. Messenger
5. Pandora
6. YouTube
7. Instagram
8. Twitter
9. Google Maps
10. Spotify

Sebagai catatan, data ini tidak mencakup toko aplikasi Android pihak ketiga asal China, atau WeChat dan aplikasi lain dari China yang kemungkinan besar akan menempati peringkat teratas. Meski begitu, WeChat berada di posisi kedua.

Perbedaan waktu antara WhatsApp dan Facebook menjadi menarik. Banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengirim pesan daripada bermedia sosial.

Hal ini mungkin mengejutkan dari perspektif orang dewasa dan orang yang lebih tua, namun hal ini kemungkinan menunjukkan kebiasaan anak muda, yang cenderung menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi.

Hal menarik lainnya ada pada data tentang waktu yang dihabiskan orang dalam bermain game. Sedikit mengejutkan bahwa Fortnite tidak berada di posisi pertama.

Berikut 10 game teratas secara global berdasarkan waktu terbanyak yang dihabiskan di aplikasi seluler.

1. Clash of Clans = 3,83 miliar jam
2. My Talking Tom = 3,42 miliar jam
3. Candy Crush Saga = 3,31 miliar jam
4. Fortnite = 2,98 miliar jam
5. Lords Mobile = 2,93 miliar jam
6. Subway Surfers = 2,43 miliar jam
7. Helix Jump = 1,74 miliar jam
8. Slither.io = 1,54 miliar jam
9. PUBG Mobile = 1,52 miliar jam
10. Fishdom = 1,51 miliar jam

Fortnite di posisi keempat kemungkinan karena game tersebut banyak dimainkan di layar yang lebih besar dengan kontrol perangkat keras khusus. Selain di perangkat mobile, game tersebut juga hadir di PS4, Xbox, komputer desktop/laptop.

Terlepas dari Fortnite, data tersebut dinilai tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, menurut eMarketer, orang dewasa Amerika biasa menghabiskan rata-rata lebih dari tiga setengah jam sehari di perangkat seluler mereka.

Di beberapa negara dengan penetrasi PC yang sangat rendah, angka tersebut mungkin lebih tinggi. Dengan tiga jam sehari, dengan lebih dari ratusan juta dan bahkan miliaran orang, jumlah tersebut bertambah dengan cepat.

Lagi-lagi, ini menggambarkan bahwa ponsel menjadi pemenang yang mengambil alih pasar.

"Hampir separuh waktu yang dihabiskan dalam aplikasi terjadi di aplikasi teratas untuk individu, dan 90 persen-nya di lima besar," kata analis eMarketer, Yoram Wurmser.

Facebook memenangkan pertempuran ini, setidaknya di luar China.

Empat dari 10 aplikasi teratas berdasarkan waktu yang paling banyak dihabiskan adalah milik Facebook, yaitu Messenger, Facebook, Instagram dan WhatsApp. Google juga memimpin dengan Youtube dan Google Maps berada di posisi 10 teratas.

Sementara itu, tidak mengejutkan bagi aplikasi layanan streaming musik seperti Pandora dan Spotify untuk masuk 10 besar karena jumlah pendengar yang terus bertambah.

Apptopia mengatakan mendapatkan data tersebut dengan mengintegrasikan ratusan ribu aplikasi, sehingga memungkinkan untuk melihat data kinerja secara global, demikian Forbes.


(ant/JPN)

Komentar

Ekonomi Lainnya