TOP 0 Daerah

Jauhari

JPNews - Pembangunan infrastruktur Desa Kemala Raja Kecamatan Tanjungraja Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang digelontorkan melalui Dana Desa 2018, pada termin I terindikasi kuat tidak dilaksanakan oleh pamong desa setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, program DD 2018 termin I sejumlah 20% telah dicairkan. Namun, amanat pembangunan desa tak terlaksana.

Sementara itu, Kepala Desa Kemala Raja saat ini telah mencairkan anggaran DD untuk termin II sebesar 40?ri total serapan anggaran DD tahun 2018.

Menurut keterangan warga setempat yang enggan namanya disebutkan, mengeluh dengan sikap Kepala Desa Kemala Raja, Ridwan, yang terkesan tidak transparan dan tidak melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di desa tersebut.

"Kades Ridwan sangat tertutup dengan pengelolaan DD selama ini. Bukan hanya di tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya pun kami tidak dilibatkan oleh Kades Ridwan," tutur warga, Selasa (21/8).

Dirinya sangat menyesalkan atas ketidaktahuan warga setempat terkait pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Desa Kemala Raja.

"Kami bingung, pak. Tau-tau sudah ada bangunan sudah serah terima," tuturnya.

Sementara Irbanwil Inspektorat Lampura, Jauhari menyebut jika Desa Kemala Raja saat ini sedang dalam evaluasi kinerja. 

Dirinya mengakui jika pihaknya telah mendengar informasi tidak dilaksanakannya pembangunan infrastruktur di desa tersebut.

"Kami secara khusus melakukan evaluasi setelah mendengar jika Desa Kemala Raja tidak melakukan pembangunan infrastruktur melalui anggaran DD tahun 2018 termin I sebesar 20 %," ujar Jauhari, Selasa (21/8).

Dikatakannya, pihak desa saat ini sedang mengajukan revisi APBDesa terkait tidak dilaksanakannya pembangunan infrastruktur melalui anggaran 20?2018 termin I.

"Menurut keterangan Kades Ridwan, tidak terlaksananya pembangunan DD tahun 2018 termin I disebabkan adanya permintaan warga untuk membuat jembatan gantung," terang Jauhari.

Dijelaskannya, dengan dalih apapun, seharusnya Desa Kemala Raja tetap melaksanakan pembangunan DD 2018 termin I sebesar 20%. 

"Termin I DD 2018 sebesar 20%, seharusnya tetap dilaksanakan. Sebab, anggaran tersebut telah dicairkan dan saat ini Desa Kemala Raja juga sudah mencairkan DD 2018 termin II sebesar 40%," jelas Jauhari seraya mengatakan jika hal tersebut tentu menyalahi aturan.

Sementara itu, wartawan telah berupaya mengonfirmasi Ridwan terkait informasi dimaksud.

Sayang, kades itu meminta wartawan datang lain waktu guna memberi keterangan lebih lanjut. (ard/JPN)


Topik : DD Lampura

Komentar

Daerah Lainnya