JPNews - Liga 1 Gojek awal pekan ke-20 akan mempertemukan Mitra Kukar dan Persib Bandung. Persib Bandung datang dengan misi mempertahankan posisi puncak, sementara Mitra Kukar tidak ingin kehilangan poin agar semakin menjauh dari zona degradasi.

Dari pertandingan terakhir kedua tim di awal paruh musim, Persib bisa dibilang lebih diuntungkan. Dua pertandingan awal di putaran kedua liga, menghasilkan enam poin bagi Maung Bandung. Tiga poin didapat dari lawatannya ke Bantul, dan tiga sisanya didapat di Bandung saat mengalahkan Sriwijaya FC. 

Untuk itu, tim pelatih Persib pun menargetkan tiga poin dari lawatannya kali ini. Hal ini tidak terlalu muluk-muluk, mengingat Mitra Kukar belum sepenuhnya bangkit. Dari dua pertandingan di awal paruh musim kedua, Mitra Kukar meraih satu kemenangan dan sisa lainnya kalah. 

Bedanya, saat ini Mitra Kukar dilatih oleh Rachmad Darmawan yang baru saja didatangkan dari Sriwijaya FC. Di kancah sepak bola nasional, Gomez dan RD baru satu kali bertemu saat penyisihan Piala Presiden di Bandung. Saat itu, Persib berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Secara rekor pertemuan dua pelatih, Mario Gomez masih lebih unggul ketimbang RD.

Saat masih sama-sama menangani tim di Liga Super Malaysia, Gomez dua kali menaklukan RD. Satu kali di kandang T Team, dan kali kedua di kandang JDT. Sementara di Liga Indonesia, ini menjadi pertemuan pertama kedua pelatih tersebut. Ini akan menjadi menarik, karena menjadi ajang balas dendam sekaligus pembuktian bagi dua pelatih itu. 

Dari segi pasukan, Gomez masih tidak dapat menurunkan Ezechiel Nduoasel, karena sanksi Komdis. Hal ini justru akan membuat pertarungan tidak terlalu sengit. Pasalnya kini pemuncak top skorer sementara dipegang oleh dua striker yang akan bertanding sore nanti. Ezechiel yang sempat memimpin peraihan gol terbanyak selama beberapa pekan sudah tersalip oleh striker Mitra Kukar, Fernando Rodriguez dengan selisih satu gol.

Maka pertandingan nanti, tidak akan menjadi pertarungan dua striker tajam di Liga 1, seperti seharusnya. Namun Persib, masih memiliki duo striker baru yang juga mematikan. Dalam dua pertandingan, duet Baumann-Wanggai sudah menghasilkan lima gol. Selain dari itu, seluruh pemain inti diboyong Gomez menuju Aji Imbut, termasuk bek andalan Persib, Bojan Malisic.

Seperti halnya Persib, para pemain Mitra Kukar pun nampaknya siap untuk diturunkan. Namun satu catatan yang dapat dimanfaatkan oleh Persib adalah lemahnya lini pertahanan Mitra Kukar. Dari 19 pertandingan yang sudah mereka jalani, 33 gol sudah bersarang di gawang tim Naga Mekes. Sementara Persib terus bertransformasi menjadi salah tim paling produktif dalam urusan mencetak gol. 

Hal ini tentunya harus menjadi peluang untuk Persib dapat terus memperlebar jarak dengan tim lain di papan klasemen sementara. Tidak terlalu muluk-muluk jika dalam pertandingan nanti Persib bisa menang dengan skor tipis 1-0 atau 2-1. 

(Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya