JPNews - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan upaya mengaktifkan kembali operasi lima jalur kereta api yang berada di selatan Jawa Barat (Jabar) akan direalisasikan pada 2018.

"Kami mengusulkan, biasanya rel kereta api menjadi cost dari Kementerian Perhubungan, tetapi kalau Kemenhub kesulitan mungkin bisa kami lakukan dengan PT KAI," kata Rini ditemui di Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (9/8).

Ia menjelaskan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat bagian selatan telah mendapatkan atensi khusus dari Presiden Joko Widodo.

Melalui pengoperasian kembali jalur kereta api itu, Rini berharap kegiatan ekonomi dapat meningkat karena ada kemudahan transportasi. Ia juga mengatakan hingga saat ini tidak ada kendala berarti dalam proses pengaktifan kembali tersebut.

Lima jalur yang rencananya akan diaktifkan kembali operasionalnya tersebut menghubungkan Sukabumi, Cianjur, Padalarang, Bandung, dan Garut.

Rini memandang langkah itu merupakan investasi yang bisa menguntungkan karena jalur tersebut memiliki potensi ekonomi yang bagus karena mampu mengangkut orang dan barang.

"Reaktivasi (pengaktifan kembali) ini memudahkan mengangkut hasil yang diproduksi, apakah itu ikan, sayur-mayur, bunga potong, telur. Dengan memudahkan transportasi maka kemudian diharapkan bisa meningkatkan ekonomi," ujar dia.

(ant/JPN)

Komentar

Jabar Lainnya