JPNews - Salah satu rangkaian penyambutan api Asian Games 2018 di Jakarta pada Rabu (15/8) mendatang akan menyuguhkan berbagai acara salahsatunya suguhan kesenian tradisional khas Kota Sukabumi, Jawa Barat yaitu Bola Leungeun (Boles) serta kesenian Ngogotong Lisung.

"Kami mendapat undangan untuk tampil pada acara penyambutan api Asian Gmaes nanti. Undangan ini merupakan kehormatan bagi kami," tutur penggali dan pelestari boles dan ngagotong lisung KH. Fajar Laksana kepada sejumlah awak media, Rabu (8/8).

Fajar menuturkan suguhan Boles dan Ngagotong Lisung tersebut merupakan bagian dari pertunjukkan penyambutan api Asian Games 2018. 

"Mudah-mudahan Boles dan ngagotong lisung dapat menjadi penyemangat bagi para atlet Indonesia untuk meraih prestasi terbaiknya dan meraih medali sebanyak-banyaknya pada ajang Asian Games 2018," ucap pria yang juga pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath ini.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, boles dan ngagotong lisung merupakan warisan dari jaman Padjajaran yang sudah lama hampir punah. Namun kini dua seni nenek moyang orang Sunda itu sering tampil pada berbagai event di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

"Boles berhasil meraih prestasi pada kejuaraan festival olahraga tradisional tingkat Jawa Barat dan juara kedua di tingkat nasional. Di berbagai tempat di Sukabumi, boles dan ngagotong lisung sering tampil pada acara pernikahan dan penyambutan tamu," ungkapnya.

Selain itu, sambung Fajar, hingga saat ini boles belum mendapat hak paten sebagai ikon Kota Sukabumi walau proses pengajuannya sudah hampir 4 tahun. 

"Kami khawatir boles diklaim menjadi milik daerah atau negara lain," tandasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya