JPNews - Sekitar tujuh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar), Lampung dikabarkan 'dibangkupanjangkan' kala rolling 196 pejabat eselon II, III dan IV, Rabu (08/08).

"Kalau datanya persisnya saya gak pegang," ujar Sekkab Lambar Akmal Abdul Nasir saat dihubungi JPNews.id, usai pelantikan.

Menurut pria yang akrab di sapa Aan itu, rotasi tersebut merupakan pembenahan agar tujuan pembangunan tercapai. Pejabat itu tak hanya distruktural tetapi juga di fungsional. Bisa jadi pejabat yang dinonjobkan di struktural bakal terpilih di fungsional.

"Ini kan langkah awal pembenahan. Selama ini sudah cukup baik dan akan ditingkatkan lagi," kata dia.

Dijelaskan, alih tugas itu merupakan hal yang biasa. Dan perlu untuk mencari person yang mau benar-benar bekerja dengan inovasi-inovasi cemerlang dan loyalitas.

"Kalau terlalu pejabat itu terlalu lama di suatu jabatan tertentu tak lagi mempunyai inovasi dan terobosan pembangunan baru. Nah, ini kan awal dari sebuah penataan yang pada intinya akan mencapai tujuan pembangunan," kata Aan lagi.

Demikian pula bagi yang masih bertahan. Harus tetap menunjukkan kinerja dengan prestasinya. Bisa jadi, yang dinonjobkan bakal mengantikan posisi yang bertahan jika kinerja 'terpacu' kala diistirahatkan.

"Seluruh ASN baik yang dilantik hari ini dan tetap pada jabatan semula akan terus dievaluasi terkait tingkat kinerja dan kedisiplinannya. Yang jelas pada saat evaluasi jika yang bersangkutan (nonjob) menunjukkan kinerja dan dedikasi yang baik tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan akan diangkat kembali," ungkapnya. (mst)

Komentar

Lampung Lainnya