TOP 0 Bola



JPNews - Persib Bandung akhirnya kembali bermain di Stadion GBLA pada Sabtu 4/8) sore nanti.  Dalam pertandingan pekan ke-19 ini, Persib akan menjamu Sriwijaya FC. Pada putaran pertama, Persib kalah 3-1 dari Sriwijaya, yang kala itu menjadi tuan rumah. Aroma balas dendam pun akan tersaji sore nanti.

Persib yang akan menghadapi Sriwijaya nanti, bukan Persib yang sempat mereka kalahkan. Bermain dengan kondisi mental yang baik, berkat 7 poin dari lawatan tandang, para punggawa Maung Bandung pun sudah pasti tidak ingin malu di kandang sendiri. Apalagi, posisi pertama Persib di Klasemen akan menambah motivasi para pemain untuk mempertahankan itu. 

Hanya saja, Persib diganggu oleh dua surat keputusan Komdis PSSI, per tanggal 28 Juli dan 1 Agustus. Dari dua surat itu, tiga pemain Persib dilarang bermain selama dua laga, Bojan Malisic, Hariono, dan Nduoasel. Ketiganya merupakan pemain kepercayaan Mario Gomez dalam membangun permainan Persib. Terlebih bagi Ezechiel, dia tidak dapat menambah pundi golnya untuk menjauhkan posisinya dari kejaran Rodriguez, penyerang Mitra Kukar, dalam perburuan top skorer.

Beruntungnya, Gomez masih punya Indra Mustafa, pemain muda yang diandalkannya dan sudah nyetel dengan permainan Gomez ketika ditandemkan dengan siapapun. Di lini depan, kini Gomez memiliki Patrich Wanggai, eks Sriwijaya, yang sudah mempersembahkan dua gol di game keduanya. Duetnya bersama Jhony Baumann, sama ganasnya dengan duo Jones andalan Gomez.

Di lini tengah, mungkin hanya posisi Febri yang masih digantikan Agung Mulyadi. Tidak akan banyak perubahan, meski tetap disayangkan ketika Persib tidak bermain full team. Sebab ini bisa menjadi laga pesta atas keberhasilan 7 poin di tiga lawatan tandang, dan pesta juara paruh musim. 

Sementara itu, Persib bisa memanfaatkan kelemahan di kubu lawan. Masalah internal Sriwijaya, membuat klub kebanggaan masyarakat Palembang ini ditinggalkan sejumlah pemain inti. Tidak hanya itu, pelatih kepala, Rahmad Darmawan pun hijrah ke Mitra Kukar. Ini jelas akan mempengaruhi mental para pemain Sriwijaya yang masih belum pulih sepenuhnya.

Di tiga laga terakhir Sriwijaya, mereka hanya meraih satu kemenangan saja. Bahkan sempat dibantai tiga gol tanpa balas oleh Arema di kandang mereka sendiri. Kondisi ini harus bisa dimanfaatkan oleh pasukan Mario Gomez untuk terus menjauhkan posisi dari tim lain di papan klasemen sementara.

Jika melihat faktor yang telah penulis uraikan, maka seharusnya Persib mampu menang dengan mudah. Paling tidak untuk dua gol tanpa balas dalam pertandingan sore nanti di GBLA. 

(Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya