ilustrasi

JPNews - Rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi dari Jalan Stasiun Timur ke wilayah Selakaso, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat, dipastikan batal.

Hal itu diungkapkan Kepala Stasiun KA Sukabumi Heru Salam di Sukabumi, Minggu (4/2).

"Jadi begini Stasiun KA Sukabumi masih berada di Kecamatan Cikole. Dan memang awalnya ada rencana pemindahan ke Kelurahan Babakan tetapi informasi yang kami terima tidak jadi," ujar dia.

Menurutnya, kemungkinan ada rencana penambahan stasiun KA di wilayah Kota Sukabumi dan Selakaso menjadi titik sentral penambahan stasiun tersebut.

Saat ini, Pemkoy Sukabumi tengah melakukan pengkajian dan diusulkan ke pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Sebab, dalam rapat bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi beberapa waktu yang lalu ternyata bukan memindahkan Stasion KA Sukabumi dari Jalan Stasion Timur ke Selakaso. Tapi akan ada penambahan stasion KA baru di wilayah Selakaso.

"Apabila penambahan ini disetujui dan diaplikasikan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengguna jasa kereta api," tambahnya.

Di sisi lain, Heru mengatakan pengguna jasa KA ini mayoritas tidak setuju dengan adanya pemindahan stasion tersebut karena lokasinya lebih jauh sehingga solusinya harus ditambah, karena warga bisa memilih stasion terdekat dengan alamatnya.

Selain itu, stasion yang ada saat ini lokasinya strategis yakni di pusat Kota Sukabumi yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan ditambah mudah dijangkau serta dilalui angkutan kota berbagai jurusan.

"Yang harus dilakukan saat ini adalah penertiban dan petanaan arus lau lintas di sekitar maupun menuju Stasion Kota Sukabumi karena kerap terjadi kemacetan," tukas dia. (hrl/mam)

Komentar

Jabar Lainnya