JPNews - Pengembangan pelaksanaan program "Smart City" yang diluncurkan pemerintah pusat terus dikembangkan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Belum lama ini, pelaksanaan dan pencapaian program Smart City di Kota Sukabumi dievaluasi di Semarang, Jawa Tengah oleh Tim Smart City. Salah satu materi evaluasi adalah pencapaian 6 pilar smart city untuk gerakan menuju 100 smart city di Indonesia.

"Saat ini tinggal ditambah kegiatan dari masterplan city yang baru. Semua itu akan sustaianable atau berkelanjutan selama 5 hingga 10 tahun ke depan dan akan terus dievaluasi pencapainnya," papar Kabid Infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), Persandian dan Integrasi Data pada Diskominfo Kota Sukabumi, Yuli Noviawan saat ditemui di ruangan comment centre Dikominfo Kota Sukabumi, Senin (31/7).

Menurut Yuli, pelaksanaan program smart city tersebut akan dievaluasi setiap tahun. Untuk Kota Sukabumi, program ini sudah masuk ke dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah).

"Kota Sukabumi telah memenuhi 18 indikator pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang salah satunya mengenai smart city," terang Yuli.

Selain itu, ketika satu kota atau kabupaten dinyatakan lolos dalam smart city, lanjut Yuli, hal itu tidak berarti segalanya selesai begitu saja. Setiap tahun, daerah tersebut akan dievaluasi terkait pencapaian program smart city.

"Saat ini, Diskominfo Kota Sukabumi memiliki ruangan baru bernama ruangan comment centre. Salah satu fungsi ruangan ini adalah sebagai pengelola semua media sosial yang dikelola oleh setiap SKPD seperti halnya aplikasi E-Lapor. Ruangan ini juga terkoneksi dengan jaringan CCTV yang dikelola oleh Dinas Perhubungan," pungkas Yuli.

Diketahui, peserta Smart City mengalami penambahan dari tahun ke tahun. Pada 2017 untuk gelombang pertama ada 25 kota/kabupaten yang lulus Smart City termasuk Kota Sukabumi, lalu pada 2018  sebanyak 50 kota/kabupaten yang lulus program tersebut. Jadi totalnya ada 75 kota/kabupaten. Tinggal 25 daerah lagi untuk memenuhi target 100 smart city yang akan masuk pada gelombang ketiga. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya