TOP 0 Daerah



JPNews - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan apresiasi upaya Pemkab Lampung Barat (Lambar) dalam memeromosikan kopi Lambar.

Hal itu disampaikan politisi PAN ini, kala Panen Raya Kopi dalam rangkaian agenda Fesitival Kopi Lambar 2017, Minggu (22/7).

Kehadiran Zulkifli disambut antusias ribuan masyarakat Lambar di Kampung Kopi, Pekon Rigisjaya, Air Hitam.

Diketahui, panen raya yang merupakan rakaian Festival Kopi juga dihadiri Anggota DPR RI Sudin, Mantan Bupati dua Periode, Mukhlis Basri, Dirjen Pertanian dan Perkebunan, Bambang, Kadis Perkebunan Provinsi Lampung Desi Rosmariya, Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial, Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto, Dandim 0422 Letkol Kaveleri Adri Nurcahyo, serta OPD Lambar dan ribuan masyarakat petani kopi.

Zulkifli Hasan, mengisahkan masa kecilnya saat membantu orang tuanya berkebun kopi dan lada di kampung halaman di Lampung Selatan (Lamsel).

"Saya terlahir dari keluarga pekebun kopi dan lada," ucapnya.

Ketua MPR RI itu juga mengatakan,

jika posisi yang kini ia rengkuh juga bagian dari kopi. 

"Saya tidak seperti saat ini, kalu tidak karena kopi," imbuhnya.

Lanjut Zulkifli, apresiasi terhadap pemerintah Kabupaten Lambar, karena dengan kerja keras mempromosikan Kopi. 

"Berharap kepada pemerintah harus memfasilitasi para petani kopi. Agar bila musim panen melimpah petani tidak merugi dengan harga jual selalu turun. Dan juga bisa memutus mata rantai pedagang tengkulak, yang menguasai harga pasar," ungkapnya.

Diakui Zulkifli bahwa para Petani Lambar sangatlah rajin. "Betapa tidak berangkat gelap pulang gelap," kata Dia.

Menurut Zulkifli, pentingnya pendidikan untuk masa depan dan penerus bangsa, sehingga pemerintah daerah harus pro aktif untuk memperhatikannya.

"Cara jitu untuk mengentaskan kemiskinanan dengan pendidikan yang baik," tandasnya.

Acara festival panen kopi tersebut di lanjutkan dengan penandatangan prasasti Kampung Kopi Rigis Jaya oleh ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dilanjutkan pemukulan gong bahwa telah dibukanya festival kopi. (mst)

Komentar

Daerah Lainnya