TOP 0 Politik



JPNews - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) targetkan mendulang 40 persen kursi dari 35 kuota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat di Pemilu 2019 nanti.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Lambar, Parosil Mabsus mangaku optimis partai berlambang moncong putih itu mampu mencapainya, yakni 13 kursi.

"Jika target angka minimal itu cukup realistis," ucap pria yang juga menjabat Bupati Lambar itu.

Pasalnya, di pemilu empat tahun lalu, 2014, partai besutan Megawati Soekarno Putri itu mampu mendudukkan 13 kadernya di lembaga wakil rakyat di Bumi Beguai Jejama tersebut.

"Target kami 40 persen kursi dari 35 kursi DPRD Lambar, dan ini sangat realistis apabila dilihat dari hasil Pemilu 2014, dimana PDI Perjuangan meraih 13 kursi,” kata Parosil optimis. 

Karenanya, tak berlebihan jika pihaknya berupaya memertahankan digdaya di pesta demokrasi lima tahunan pada 2019. Itu dimulai dengan mendaftarkan bacaleg secara nasional di hari terakhir, Selasa (17/7).

Menurut Parosil, langkah tersebut disebut permulaan perjuangan menghadapi Pemilu 2019 dengan menggelar doa bersama dan penyantunan terhadap anak yatim piatu, yang dipusatkan di kantor DPC PDI Perjuangan di kelurahan Pasar Liwa Balikbukit.

"Balaceg PDI Perjuangan di lambar yang didaftarkan 35 orang. Dan sesuai kuota di lima dapil di Lambar," ungkapnya.

Sementara itu, KPU Lambar resmi menutup waktu pendaftaran bakal calon legislatif, Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB. Berita acara penutupan dimaksud ditandatangani Ketua KPU Imtizal dan empat komisionernya.

KPU juga merilis 14 partai politik mendaftarkan bacalegnya. Tetdaftar 329 yang bakal berebut 35 kursi di DPRD Lambar.

Berdasarkan rilis itu diketahui, PKPI delapan bacaleg; Partai Demokrat, 32, Partai Perindo, 14, Partai Golkar, 30 bacalon DPRD.

Kemudian, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDIP) mendaftarkan 35 orang Bacaleg; Kemudian Partai Keadilan Sejahtera  (PKS) mendaftarkan 32 orang bacaleg, Partai Garuda daftarkan empat orang bacaleg, dan Partai Berkarya, tiga orang. 

Sedangkan Partai NasDem, memasukkan 35 nama bacalegnya, Partai Solidaritas Indonesia, daftarkan 15 nama, Partai Amant Nasional (PAN) daftarkan 27 calon wakil rakyatnya, kemudian, PPP mendaftarkan 28 kadernya. Sementara, PKB 35 bacaleg dan terakhir Gerindra 32 bacaleg. Dari jumlah 329 bacaleg itu 131 diantaranya perempuan.

Menurut Komisioner KPU Syarief Ediyansyah, usai masa pendaftaran, tahapan selanjutnya, kata Syarief, KPU akan melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan syarat Bacaleg, sesuai dengan jadual, selanjutnya apabila ada kekurangan Parpol bisa melakukan perbaikan dan pada 22-31 Juli.

“Setelah akhir masa pendaftaran hari ini, selanjutnya seluruh berkas persyaratan Bacaleg akan diverifikasi keabsahannya, dan apabila ditemukan kekurangan dan kesalahan, akan disampaikan pada Parpol masing-masing untuk melakukan perbaikan,” jelas Syarief. (mst)

Komentar

Politik Lainnya