JPNews - Memasuki masa tenang pilkada serentak 2018 yang dimulai tiga hari sejak 24-26 Juni 2018. Seluruh Pengawas Pemilu tertibkan alat peraga kampanye (APK) Pilkada di Kota Sukabumi. Baik APK Pilgub Jabar ataupun Pilwalkot Sukabumi. 

"Ada 640 orang yang menertibkan APK hari ini. Mereka dibantu oleh Pol PP Kota Sukabumi," kata Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin, Minggu (24/6).

Aminuddin mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan secara menyebar. Dalam penertiban alat peraga kampanye tersebut melibatkan unsur Panwaslu, Panwascam, PPL, hingga PTPS. 

Selain itu, selama masa tenang ini, seluruh wilayah di Kota Sukabumi harus terbebas dari APK. Oleh karena itu Panwaslu akan menertibkan semua bersama Pol PP maksimal hingga 26 Juni 2018. 

"Makanya dalam tiga hari ini, kita akan tertibkan semua APK," terangnya.

Lebih lanjut,  APK yang ditertibkan tidak hanya Peserta Pilkada 2018 saja. Namun, calon peserta Pemilu 2019 pun akan dibersihkan. 

"Sekarang bukan masa kampanye, makanya akan dibersihkan juga. Namun yang pasti harus bersih ialah APK untuk  Pilgub dan Pilwalkot dulu," ungkapnya.

Disamping itu, proses penertiban sendiri mengerahkan alat bantu. Pasalnya masih ada billboard yang dipasang oleh setiap paslon. Sehingga memerlukan alat bantu untuk membersihkannya. 

"Perlu alat bantu, makanya kita pakai skylift untuk menjangkaunya," ungkapnya.

Apalagi APK tersebut sangat banyak dan hampir merata di setiap kecamatan. Baik paslon nomor urut 1,2,3,dan 4. "Semua paslon hampir merata banyaknya di setiap kecamatan. Pokoknya jangan sampai ada APK yang masih menempel saat pencoblosan," tegasnya. (drw)

Komentar

Politik Lainnya