TOP 0 Politik

ilustrasi

JPNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyatakan jumlah daerah pemilih (Dapil) pada daerah setempat tidak berubah untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Jumlahnya sama dengan jumlah dapil pada pemilu 2014, yakni enam Dapil," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Kholik di Kabupaten Bekasi, Sabtu (3/2).

Artinya, sambung dia,  jumlah kursi legislatif juga tidak mengalami perubahan, yakni 50 kursi.

Selain itu, juga berdasarkan Keputusan KPU Nomor13/PL.01.3Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota dan Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Jumlah penduduk yang terdaftar 2.554.376 jiwa sehingga jumlah kursi Anggota DPRD Kabupaten Bekasi sebanyak 50 kursi. Tetapi bila jumlahpada setiap dapil mengalami perubahan maka akan dipecah menjadi tiga golongan.

Pada golongan pertama, Dapil I membawahi daerah Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru, Cibarusah dan Bojongmangu dengan perolehan 10 kursi.

Dapil II membawahi Cibitung hingga Cikarang Barat dengan perolehan tujuh kursi. Untuk Dapil III hanya Tambun Selatan dengan perolehan delapan kursi.

Sedangkan Dapil IV membawahi Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang hingga Tambun Utara dengan perolehan 10 kursi. Nanun untuk Dapil V membawahi Kedungwaringin, Pebayuran, Sukatani, Sukakarya, Cabangbungi dan Muaragembong dengan perolehan tujuh kursi.

Serta Dapil VI membawahi daerah Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Karang Bahagia dengan perolehan delapan kursi.

Ia menambahkan pada usulan kedua, Dapil I membawahi daerah Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru, Cibarusah dan Bojongmangu dengan perolehan delapan kursi.

Dan pada Dapil II membawahi Cibitung hingga Cikarang Barat dengan perolehan sembilan kursi. Untuk Dapil III membawahi Tambun Selatan yang memperoleh delapan kursi.

Sedangkan untuk Dapil IV membawahi daerah Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, TambeIang dan Tambun Utara dengan perokehan 10 kursi.

Untuk Dapil V membawahi daerah Kedungwaringin, Pebayuran, Sukatani, Sukakarya, Cabangbungi dan Muaragembong dengan perolehan tujuh kursi. Serta Dapil VI hanya Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Karang Bahagia dengan delapan kursi.

Terakhir untuk golongan ketiga pada Dapil I antaranya Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru, Cibarusah dan Bojongmangu dengan perolehan 10 kursi.

Namun pada Dapil II antaranya Cibitung hingga Cikarang Barat dengan perolehan delapan kursi. Tetapi pada Dapil III hanya membawahiTambun Selatan dengan tujuh kursi.

Serta pada Dapil IV antaranya Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang hingga Tambun Utara dengan 10 kursi. Untuk Dapil V antaranya Kedungwaringin, Pebayuran, Sukatani, Sukakarya, Cabangbungi dan Muaragembong dengan tujuh kursi.

Sedangkan pada Dapil VI antaranya Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Karang Bahagia dengan delapan kursi.

“Ini sudah jelas adanya dan sesuai dengan aturan perundang-undangan,” tukas dia. (tin/drw)

Komentar

Politik Lainnya