TOP 0 Bola



JPNews - Malam ini Persib akan melakoni laga pekan ke-11 Liga 1 Gojek di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Dijamu oleh tuan rumah Bali United, Persib membawa asa dari Kota Kembang. Kemenangan melawan PSM pada laga terakhir di GBLA Bandung adalah salah satunya.

Selain itu, rekor pertandingan yang dimiliki Persib Bandung dibawah asuhan Gomez, termasuk rekor yang ciamik. Hingga pekan kesepuluh kemarin, Persib telah melakoni delapan laga. Dari delapan laga itu, 4 berakhir kemenangan, dua imbang, serta dua kalah. Kekalahan yang dialami Persib adalah ketika melawat ke Stadion Jaka Baring, Palembang, serta dalam lawatan ke Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Madura. 

Catatan dua kekalahan ini merupakan catatan terbaik diantara para peserta kompetisi. Hingga pekan ini, hanya empat tim, dari 18 tim,  yang baru mengalami dua kekalahan dalam 11 pekan kompetisi Liga 1. Diantaranya, Sriwijaya yang sudah melakoni 10 laga, Persebaya yang melakoni 9 laga, Persela 10 laga, dan Persib 8 laga. 

Catatan ini tentunya lebih baik dari calon lawan di laga malam nanti, Bali United. Dalam 10 laga yang sudah dilakoni, Bali United meraih 3 kemenangan, 3 imbang, dan 4 kekalahan. Salah satu kekalahan yang diderita tim asuhan Widodo C Putro terjadi di kandang mereka sendiri. Saat itu, mereka menjamu Laskar Wong Kito, Sriwijaya FC, dan hujan gol pun terjadi dalam laga itu.

Tujuh gol, 3 diciptakan tuan rumah dan 4 lainnya tim tamu. Catatan ini menjadi angin segar bagi tim asuhan Gomez. Bahwa Bali United merupakan tim yang bisa ditaklukan di hadapan para pendukungnya. Data lain pun menunjukan, ada kerapuhan lini belakang yang dapat dimanfaatkan duo striker milik Persib.

Jumlah gol yang bersarang ke dalam gawang Bali adalah 13 gol berbanding 11 gol yang dapat mereka ciptakan. Sementara tim Pangeran Biru bisa menciptakan 15 gol berbanding 9 kebobolan dalam 8 laga yang sudah dimainkan. Data ini dapat menjadi tolak ukur kekuatan tim saat ini. 

Bali United kerap terlihat kesulitan melakukan penyelesaian akhir penyerangan mereka. Berbanding terbalik dengan Maung Bandung, 14 dari 15 gol yang dibuat, adalah karya duo striker mereka. Sementara itu, kesulitan lini serang Bali United pun akan berhadapan dengan solidnya kuartet bek Persib, yang hingga kini bisa membuat jala Deden Natsir baru kebobolan 9 gol. Angka kebobolan yang juga jadi angka terkecil dari semua tim yang berlaga, bersama dua tim lainnya, Persija dan Perseru.

Sama-sama Kehilangan Pemain Sentral

Namun yang akan menjadi menarik dalam lagi ini, bukanlah sekedar soal statistik. Pasalnya pemain kunci kedua tim dikabarkan tidak dapat diturunkan. In Kyun yang selama ini menjadi motor serangan Persib, tidak dapat main karena akumulasi kartu. Adapun pemain senior lain, Eka Ramdani, yang mungkin bisa diplot menggantikan In Kyun pun masih diragukan tampil karena masalah kebugaran. Begitu kabar terakhir yang penulis baca. 

Di sektor lain, Persib terbilang aman. Sisi sayap, penyerangan, dan pertahanan kemungkinan masih sama dengan laga sebelumnya. Sementara tim tuan rumah harus kehilangan dua sosok penting adalah mereka, Nick Van Der Velden, dan Irfan Bachdim.

Dua pemain yang biasanya menjadi penggerak serangan Bali United, khususnya Van Der Velden, mendapatkan ganjaran akumulasi kartu. Striker naturalisasi miliki tim Pulau Dewata, Ilja Spasojevic, pun dikabarkan belum bisa dipastikan tampil menjamu mantan klub yang dibawanya menjadi kampiun Piala Presiden 2014 itu. 

Ini yang menarik ditunggu dari laga nanti malam. Apalagi dengan ketidak hadiran pemain kunci Persib, kita wajib menunggu kejutan dari Mario Gomez. Karena kita tahu, pelatih berkebangsaan Argentina itu selalu memberikan kejutan di setiap pertandingan. 

(Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya