JPNews - Bisnis kuliner seakan tidak ada habisnya, kita pasti tidak asing lagi dengan kuliner bakso, hampir di setiap penjuru jalanan dengan mudahnya kita akan menemui pedagang bakso.

Salah satu bakso lamusir buatan H. Soleh yang banyak diburu di bilangan Pajagalan, Kota Sukabumi, Jawa Barat. 

Bakso bikinan Soleh tergolong istimewa  di racik dari bahan baku lamusir atau dikenal juga dengan nama cube roll adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian belakang sapi di sekitar has dalam, has luar dan tanjung. 

Uniknya lagi, Soleh menjajakan dagangannya tidak membuka kios tetapi melalui jalur getok tular atau dari mulut ke mulut.

"Sementara ini saya belum membuka kios. Saya hanya melayani pembuatan bakso untuk pesanan acara hajatan atau syukuran," tutur Soleh ketika ditemui JP-News.id di rumahnya dikawasan Jalan Pajagalan Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Minggu (20/5).

Kesibukannya sebagai guru PNS di Kabupaten Sukabumi tidak memungkinkan Soleh untuk menjalankan dan mengelola usaha warung bakso. Namun dia selalu membuat bakso setiap hari untuk disajikan kepada tamu dan kerabat yang berkunjung ke rumahnya.

"Stok bakso mah selalu ada di rumah saya buat tamu atau saudara maupun kerabat yang datang ke rumah. Nanti kalau sudah pensiun, saya akan fokus berjualan bakso dan buka kios," paparnya.

Bakso lamusir dijual kepada pemesan dengan harga Rp10 ribu perporsi yang disajikan secara prasmanan pada acara hajatan. Pesanan berdatangan dari teman-teman dan sahabat dekat. Untuk jenis bakso dengan bahan baku yang tergolong khusus dan istimewa, harga tersebut tergolong murah.

Awal mula Soleh membuat bakso lamusir setelah salah seorang putrinya terkena alergi gatal-gatal dari cilok yang dimakannya. Untuk mencegah anaknya tidak terkena alergi oleh cilok, Soleh pun bertanya kiri kanan dan belajar dengan keras membuat bakso. Dia pun menemukan resep jitu bakso lamusir yang ternyata digemari para penggemar bakso.  

"Tiap hari saya sempatkan menggiling daging lamusir sapi untuk dijadikan bakso. Anak saya tidak perlu jajan bakso di luar. Bakso bikinan saya telah menjadi menu favorit keluarga. Kalau ada saudara dari luar kota, mereka tidak mau makan bakso di luar," imbuhnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk memesan bakso lamusir bisa melalui nomor handphone 081563331307. Soleh menjamin rasa daging sapi lamusir bikinannya lezat dan sehat.

"Bahan-bahan bakso ini murni tanpa pengawet dan pewarna. Asli dan alami," pungkasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya