JPNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018.

Gelaran ini dilakukan di di Taman Cikondang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (15/5), dengan menghadirkan properti yang hampir mirip dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan dilengkapi petugas KPPS, Linmas, Saksi, Pengawas TPS.

"Jadi, selain simulasi pungut hitung, juga sosialisasi kepada masyarakat," kata Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah kepada awak media di sela-sela kegiatan simulasi, Selasa (15/5).

Lanjut Hamzah, kegiatan tersebut untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait waktu dan proses pencoblosan pada Pilkada 27 Juni 2018 nanti. 

"Terutama dalam Pilkada 2018 ini, pemilik hak pilih, bisa menggunakan hak pilih seperti e-KTP ataupun surat keterangan (Suket)," terangnya.

Selain itu, Hamzah mengatakan, simulasi tersebut juga untuk mengukur waktu pelaksanaan pemilihan di setiap TPS. Sehingga saat pelaksaan nanti bisa terukur. 

"Apalagi proses pencoblosan hanya dibatasi hingga pukul 12 siang. Kita bisa mengukur waktu dari mulai pendaftaran hingga celup tinta," imbuhnya.

Disamping itu, simulasi tersebut, hanya lima daerah di Jawa Barat yang diberikan kesempatan oleh KPU Jawa Barat. Ke lima daerah tersebut diantaranya dari Garut, Bekasi, Cirebon, dan Sukabumi.

"Jadi tidak semua. Hanya beberapa perwakilan Kota/Kabupaten di Jawa Barat," tandasnya. (drw)

Komentar

Politik Lainnya