JPNews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Kesehatan Cabang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencatat 132.445 warga Purwakarta yang kurang mampu belum terdaftar sebagai pesertanya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Purwakarta Henny Nursanty mengatakan warganya yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan mencapai 231.906 jiwa dari total penduduk 905.585 jiwa.

"Kami tetap mendorong agar masyarakat yang kurang mampu bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Caranya melalui program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat)," kata dia di Purwakarta, Senin (14/5). 

Melalui program tersebut, masyarakat yang kurang mampu bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan keterlibatan pihak swasta atau perusahaan.

Caranya, pihak perusahaan bisa mendaftarkan mereka atau membayarkan iuran bulanan masyarakat yang kurang mampu itu.

Penjabat Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso meminta perusahaan di daerahnya membantu masyarakat untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Pihak perusahaan diharapkan bisa membantu masyarakat dengan mendaftarkannya ke BPJS Kesehatan melalui program Donasi JKN-KIS," katanya.

Selain mendaftarkan masyarakat menjadi peserta BPJS, perusahaan ataupun badan usaha lainnya di Purwakarta juga bisa menanggung pembayaran iuran BPJS warga Purwakarta setiap bulan melalui program CSR yang ada di perusahaan. (ant/JPN).

Komentar

Jabar Lainnya