JPNews - Liga 1 Gojek sudah memasuki pekan kedelapan pada pekan ini. Persaingan para klub peserta pun semakin seru, terutama di papan atas. 

Posisi lima besar terus diperebutkan, terutama dari posisi dua hingga lima di papan klasemen. Tulisan ini dibuat saat pertandingan Persija vs Madura United sedang berlangsung, jika Madura menang, maka perebutan akan semakin sengit. 

Kemenangan Sapeh Kerabat akan menggusur Persipura dari puncak Klasemen. Selain itu, Persipura juga kemungkinan tergusur dari posisi dua jika hari Minggu nanti, PSM Makassar bisa mempecundangi Arema di kandangnya. Namun dari serunya perebutan lima besar, ada cerita ketajaman mesin pencetak gol dari setiap klub. 

Sementara ini, striker Mitra Kukar, Fernando Rodriguez menjadi pencetak gol terbanyak liga 1 Gojek. Namun sayang, 9 gol miliknya hanya mampu menempatkan Mitra Kukar di posisi 10 hingga pekan kedelapan ini. Selain itu hanya ada nama Ezechiel dan David Da Silva, pemain berposisi striker dan menempati 5 teratas pencetak gol. 

Ezechiel dengan 7 gol sementara Da Silva mencatat 5 gol. Selebihnya, ada Douglas Packer, gelandang serang milik Barito Putra yang mencatat 7 gol dan Fabiano Beltrame, bek tengah yang mencatat 5 gol untuk Madura United. Dari nama-nama diatas, duet striker milik Maung Bandung adalah duet paling produktif.

Jonathan 'Joni' Baumann dan Ezechiel Nduoasel, atau belakang disebut Jones oleh komentator, merupakan duet striker yang paling membahayakan di Liga 1 kali ini, paling tidak hingga pekan kedelapan. Selain Nduoasel yang sudah mengemas 7 gol, Persib memiliki striker muda yang kini mengemas 4 gol dari 6 pertandingan, Jonathan Baumann.

Dari data di atas, maka gol yang dihasilkan oleh duo Jones ini adalah 11 gol, dan duet ini menjadi duet tersubur di liga 1 musim ini. Pasalnya, hingga pekan ke delapan, tidak ada duet striker dari tim lain yang mampu mencatatkan gol sebanyak itu di urutan pencetak gol terbanyak.

Hanya jumlah gol dari duo Mitar Kukar lah yang bisa melampaui angka itu. Fernando Rodriguez dan Septian David Maulana. Hingga saat ini Septian David Maulana sudah mencatatkan 3 gol, artinya jumlah gol dua pemain Mitra Kukar ini adalah 12 gol. Namun sayang, posisi Septian David Maulana bukanlah seorang striker, melainkan seorang gelandang.

Kondisi ini semakin membenarkan jika duet striker milik Maung Bandung Adalah duet terganas musim ini. Bahkan tanpa bermain dengan tandemnya pun, para striker asing milik Maung Bandung bisa mencetatkan namanya di papan skor. 

Pertandingan pekan pertama dan pekan ketujuh adalah bukti dari tajamnya insting gol kedua striker tersebut. Pada pekan pertama saat Persib menjamu PS Tira, Ezechiel Nduoasel berhasil membuat gol. Saat itu dia bermain sebagai striker tunggal yang ditopang oleh In Kyun dibelakangnya. Sementara tandem Ezechiel, Jonathan Baumann, berhasil membuat gol ke jala Madura United saat itu bermain sebagai satu-satunya striker di Maung Bandung saat bertandang ke pulau garam. 

Baik saat berduet atau hanya bermain sendiri sebagai striker keduanya terbukti mampu mencetak gol. Ini adalah investasi yang baik dari Maung Bandung di musim ini. Setelah pada musim lalu, Maung Bandung terlambat mendatangkan predator di skuadnya. Kini para Bobotoh pun pasti berharap duet Jones ini bisa terus konsisten dan menjawab kekurangan Persib Bandung di musim lalu. Bahkan mungkin diharapkan bisa kembali menghadirkan trofi ke Kota Kembang.

(Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya