KONEKTIVITAS ; Infrastukruktur stasiun Tambun yang dilewati KRL belum memiliki tudung menjadi perhatian konektivitas infrastruktur dan transportasi. FOTO ; GUGUN/JP-News.id

JPNews - Konektivitas infrastruktur dan transportasi di wilayah Kabupaten Bekasi terus digelorakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

Pasalnya, transportasi di daerah industri terbesar se-Asia Tenggara itu tengah masif dibangun pemerintah pusat namun tak sebanding dengan infrastruktur yang ada.

Data yang dihimpun JP-News.id, proyek transportasi yang digencarkan pemerintah pusat di antaranya, Kereta Rel Listrik (KRL) Jakarta-Cikarang, Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek dan Mass Rapid Transit (MRT).

Kepala Bidang Perencanaan Fisik dan Infratruktur Bappeda setempat, E.Y. Taupik menyebutkan konektivitas transportasi dengan infrastuktur merupakan suatu keharusan. 

Di mana, stasiun di Cikarang penumpangnya sudah berlebih bahkan ada yang tidak memiliki ruang tunggu penumpang seperti di stasiun Tambun.

"Stasiun kita sudah bagus tapi infrastruktur kurang mendukung. Ini harus diantisipasi, karena sebelum KRL beroperasi jumlah penumpang di stasiun hanya 600-700 penumpang dan sekarang sudah lima sampai enam ribu penumpang bahkan pernah sampai 12 ribu," beber dia.

Selain itu, Bappeda juga bakal merevitalisasi pasar lama Cikarang. Di mana, saat ini revitaliasi pasar lama Cikarang masih dalam tahap kajian. 

"Ya ini (pasar lama Cikarang,red) mau direvitaliasi tapi masuk kajian dulu," kata Taupik.

Dia menjelaskan, terminal angkutan perkotaan (angkot) menerapkan sistem shelter agar tidak menumpuk terlalu lama.

"Jadi Stasiun Cikarang akan dibangun parkir roda dua. Diatasnya tempat perbelanjaan dan pelayanan yang terkoneksi dengan stasiun sedangkan bawahnya shelter angkot," ungkap Taupik.

"Nantinya stasiun Cihamprlas ke SGC (Sentra Grosir Cikarang,red) akan terkoneksi pasar lama Cikarang," urai dia.

Selain itu, sambung Taupik, pedagang sayur di pasar lama dipindahkan terlebih dahulu agar terhubung angkot.

"Kalau sudah dipindahkan pasti akan bersih dan angkot pun bisa terhubung," tandasnya. (adv)

Komentar

JP-Torial Lainnya