Stevia (Pemanis Alami) Tanpa Kalori

TOP 0 Netizen

Riva Hadianti

Berita baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Sudah sewajarnya sebagai manusia ingin mempunyai tubuh yang sehat dan berat badan ideal.

Salah satu kunci menuju hal tersebut adalah dengan makanan yang sehat, asupun gizi seimbang serta mengontrol jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terdapat banyak penyebab kelebihan berat badan dan obesitas, seperti ketidakaktifan fisik dan peningkatan asupan makanan padat energi yang tinggi lemak dan ditambah gula.

Menurut The Institute of Medicine, 25 persen dari total kalori yang kita konsumsi berasal dari gula. Hal ini dikaitkan dengan penambahan berat badan dan pengurangan kontrol kadar glukosa darah. Stevia dengan rasa yang lebih manis dari gula putih dan tanpa kalori ini bisa menjadi bahan tambahan pangan yang cocok untuk mengontrol berat badan tanpa mengorbankan rasa. Tanaman stevia bukanlah hal yang baru, stevia telah digunakan selama lebih dari 1.500 tahun oleh orang-orang Guaran di Brazil dan Paraguay sebagai ramuan manis.

Disamping itu stevia memiliki khasiat obat yang memberi efek penyembuhan pada kanker, diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari laman Dr Axe.com, terdapat beberapa jenis stevia di antaranya adalah daun hijau stevia dan ekstrak stevia. Daun hijau stevia hanya melalui proses dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Ini adalah jenis stevia yang telah digunakan di Amerika Selatan dan Jepang selama berabad-abad sebagai pemanis alami dan obat kesehatan. Jenis stevia ini sekitar 30-40 kali lebih manis dari pada gula. Selanjutnya adalah ekstrak stevia, ekstrak stevia ini sudah banyak beredar di pasaran yang ditujukan untuk penderita diabetes. Beberapa produk stevia ditambahkan gula alkohol. Orang dengan sensitivitas terhadap alkohol gula mungkin mengalami kembung, kram perut, mual, dan diare, meskipun satu jenis gula alkohol (eritritol) berisiko lebih kecil terkena gejala daripada yang lain. Ekstrak stevia biasanya sekitar 200 kali lebih manis dari pada gula.

Stevia sendiri pada umumnya dikenal aman oleh Food and Drug Administration (FDA) dan digunakan sebagai alternatif sehat sebagai pemanis pada makanan dan minuman. Selama stevia diproses dengan benar (murni) dan digunakan secukupnya, tidak akan menyebabkan efek samping dan dapat dikonsumsi tanpa rasa khawatir. (*)


*Riva Hadiyanti, Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor

Komentar

Netizen Lainnya