TOP 0 Politik



SUKABUMI, JPNews - Sejumlah DPAC Partai Demokrat (PD) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mempertanyakan kebenaran kabar yang beredar mengenai keputusan DPP Partai Demokrat terkait hasil Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi yang konon menunjuk Iman Adi Nugraha sebagai ketua DPC PD Kabupaten Sukabumi.

"Ini menjadi tanda tanya besar 26 DPAC se Kabupaten Sukabumi dan DPC PD Kabupaten Sukabumi pemilik suara pada Muscab serentak gelombang ke dua se Jawa Barat," kata Ketua DPAC Kecamatan Kabandungan H Lukas Arman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2022).

Terkait hal ini, Lukas menyayangkan kabar penetapan Iman Adi Nugraha sebagai Ketua PD Kabupaten Sukabumi sudah beredar baik di media massa maupun media sosial, padahal setahu saya belum ada keputusan atau pengumuman resmi dari DPP PD.

"Pada perhelatan muscab serentak gelombang dua kemarin, yang saya tahu Iman Adi Nugraha hanya meraih 21 dukungan DPAC, berbanding jauh dengan A Yamin yang meraih 26 dukungan DPAC ditambah satu dukungan Ketua DPC sehingga menjadi 27 dukungan. Ini artinya

Pak yamin menang telak dalam dukungan para pemilik suara (DPAC/DPC)," tegas pria yang merupakan salah satu tokoh senior Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi ini.

"Loyalitas Pak Yamin juga jelas, merupakan salah satu deklarator PD di Kabupaten Sukabumi, masuk demokrat bersama-sama saya dari tahun 2002 lalu," ungkap Lukas menambahkan.

Menurutnya, kompetensi Yamin dari sejak berdirinya Demokrat di Kabupaten Sukabumi sudah menduduki kursi DPRD, artinya fraksi pertama di Kabupaten Sukabumi periode tahun 2004-2009, 2009 -2014 dan 2019 - 2024 sudah 3 periode juga.

Disamping itu, Yamin juga aktif sebagai pengurus di DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi dari tahun 2004,  jabatan Yamin kalau tidak menjadi bendahara menjabat sebagai sekjen DPC, hingga hari ini Yamin menjabat sebagai Sekertaris Fraksi Demokrat di DPRD Kabupaten Sukabumi.

"Integritasnya juga jelas tidak diragukan, Yamin tidak pernah pindah partai dengan militansi yang tinggi tetap di Demokrat bukan golongan avonturir (orang yang suka melakukan pertualangan). Bila di simpulkan dari beberapa aspek Yamin unggul dari segi kompetitor," urai Lukas.

"Saya kira hal ini yang harus jadi pertimbangan para elite Partai Demokrat yang selama ini menyuarakan pentingnya kepemimpinan berintegritas dan juga demokratis di era reformasi seperti sekarang ini," bebernya menambahkan.

Lanjut Lukas, kalau memang kabar berita ini benar adanya Iman Adi Nugraha terpilih menjadi Ketua DPC PD Kabupaten Sukabumi, pihaknya meminta baik DPD, DPP maupun keputusan AHY bisa mengevaluasi atau setidaknya  menjelaskan kepada 27 DPAC pendukung A Yamin.

"Indikator apa yang jadi barometer  sehingga AHY memutuskan Iman Adi Nugraha sebagai pemenang, sedangkan masuk partai Demokrat saja belum sampai seumur jagung. Sebagai informasi Iman Adi Nugraha tercatat sebagai anggota PD Kabupaten Sukabumi pada 11 April 2022," ungkap Lukas.

Ia menambahkan, meminta AHY menjelaskan kepada kami pendukung A Yamin di mana kekurangan A Yamin. Sudah sangat  jelas, Yamin dalam membangun jaringan membesarkan Partai Demokrat selama ini khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Pihaknya mencurigai, ada begal-begal politik yang mewarnai keputusan AHY dalam perhelatan muscab sekarang ini, sehingga informasi yang sesungguhnya terjadi dilapangan tidak sampai ke pucuk pimpinan sehingga akan sangat mempengaruhi  keputusan yang diambil.

"Saya masih punya keyakinan AHY dan tim limanya akan obyektif dan selektif dalam mendengar aspirasi yang disampaikan dari pendukung kedua belah pihak baik kubu Pak Yamin maupun Pak Iman. Dan saya masih punya keyakinan apabila ini dilakukan maka Pak Yamin lah yang akan menahkodai Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi periode 2022-2027. Tapi kalo terjadi sebaliknya, hanya mendengar satu pihak saja, ini akan menjadi preseden buruk bagi keberlangsungan pendidikan politik atau demokrasi kedepan," tegas pria yang juga sering disebut sebagai sesepuh DPAC ini.

"Jangan masyarakat, atau kita ini diajari hal yang tidak kurang elok, coba lihat saja indikator apa yang membuat AHY memilih Iman Adi Nugraha? sedangkan masuk partainya saja seumur jagung pun belum. Kami menilai Muscab ini belum selesai dan proses pemilihan Ketua PD Kabupaten Sukabumi belum final," tegas Lukas.

Seperti diketahui, Muscab Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi yang digelar serentak tahap ke-2. Kegiatan yang digelar selama dua hari Rabu-Kamis 15-16 Juni 2022 diadakan di Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung diikuti oleh 14 DPC se-Jawa Barat diantaranya Kabupaten Sukabumi.

Dalam pemilihan Ketua Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi mempertemukan dua kandidat kuat, yaitu A Yamin dan Iman Adi Nugraha. Keduanya ngotot maju sebagai kandidat ketua partai berlogo bintang mercy ini. (rls)

Komentar

Politik Lainnya