TOP 0 Daerah



MESUJI, JPNews - Penggunaan anggaran pemerintah yang dikucurkan oleh pemerintah pusat hingga ke tingkat desa telah digunakan oleh seluruh desa untuk pemenuhan kebutuhan akan infrastruktur.

Salah satu infrastruktur penting yang dibangun oleh Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya melalui program Dana Desa (DD) adalah jalan desa, yaitu pengerasan jalan dengan penghamparan batu onderlagh serta pembangunan di sektor lain.

"Kucuran dana dimanfaatkan oleh desa untuk kepentingan masyarakat dan demi kemajuan desa yang ada di Kecamatan Panca Jaya," beber Kepala Desa Adi Luhur Budi Yono kepada JPNews, Rabu (27/4/2022).

Menurut Budi, kucuran dana DD  dimanfaatkan untuk membangun fisik diantaranya membangun jalan lingkungan desa dengan sistem pengerasan jalan dengan penghamparan batu onderlagh, fasilitas umum dan pelatihan serat pembinaan sumber daya manusia (SDM) aparatur desa yang bertugas melayani masyarakat.

Pemanfaatan anggaran DD tersebut, Budi  menjelaskan, dilakukan secara terbuka dan diketahui oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga tidak ada yang ditutupi.

“Semua dikerjakan oleh masyarakat desa dan anggarannya jelas serta peruntukkannya sangat jelas sehingga jika ada yang meleset masyarakat bisa melakukan evaluasi atau melaporkan jika tidak sesuai dengan yang diharapkan,” terang Budi.

Lanjutnya, pemerataan pembangunan tersebut ungkap kepala desa yang baru menjabat selama beberapa bulan ini dilakukan demi kepentingan masyarakat. Beberapa diantaranya dengan melakukan peningkatan kualitas jalan yang semula merupakan jalan tikus yang tidak terawat selama 39 tahun diubah menjadi jalan batu onderlagh sepanjang 400 meter di Rk 01 dan 03.

"Itu semua usulan yang datang dari masyarakat bawah  juga dimunculkan dalam rapat bersama BPD dan tokoh tokoh masyarakat sehingga tidak ada pembangunan yang tidak tepat sasaran," ungkap Budi.

Ia menambahkan, desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pekebun dan pedagang tersebut diharapkan oleh Budi bisa menjadi desa yang maju baik dalam bidang pembangunan maupun kualitas sumber daya manusia.

"Selain itu Desa Adi luhur berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya hasil perkebunan yang melimpah berupa kelapa sawit, dan karet," ucap Budi.(fan)

Komentar

Daerah Lainnya