SUKABUMI, JPNews - Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Suntana memantau langsung pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/1/2022). Suntana memantau pelaksanaan vaksinasi di SD IT Cendikia Insani Kecamatan Palabuhanratu.

Dalam anjangsana tersebut, Suntana mengapresiasi capaian vaksinasi baik di Kabupaten Sukabumi. Ia memaparkan berdasarkan data vaksinasi pertama telah terlaksana di atas standar nasional, yakni mencapai lebih dari 75%. Kemudian, kata Suntana, untuk vaksinasi lansia juga sudah melampaui target. Saat ini yang menjadi fokus adalah mengejar target vaksinasi anak.

"Terima kasih kepada masyarakat Sukabumi atas pencapaian vaksinasi yang luar biasa. Vaksinasi lansia sangat luas biasa, sedangkan anak-anak saat ini bertahap baru di angka 15%. Kita akan melaksanakan vaksinasi anak sampai akhir Januari, mudah-mudahan bisa mencapai 100%," ungkap Suntana kepada awak media.

Suntana berharap peran aktif semua pihak untuk menggelorakan semangat vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Menurut Suntana, hal itu merupakan ikhtiar pencapaian kekebalan komunal di masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

“Saya mohon bantuan masyarakat, khususnya media untuk menggelorakan semangat vaksinasi kepada masyarakat kita, bahwa vaksinasi adalah bagian dari pencegahan penyebaran Covid-19 dan menjaga kesehatan kita, serta menumbuhkan imunitas atau kekebalan komunal. Mari bawa anak-anak kita untuk melaksanakan vaksin di sekolah, di dorong mereka," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Rika Mutiara menyebut untuk vaksinasi pada satu hari tersebut di SD IT dilakukan kepada 1.000 anak. Untuk vaksinasi anak, Rika mengatakan capaiannya sampai hari ini baru di 16%. Dalam dua minggu ini Rika berharap bisa mencapai 100 persen.

“Targetnya di SD IT, 1000 anak dosis satu. Usia anak 6 sampai 1 tahun. Ada mungkin sebagian dari sekolah lain yang mungkin terlewat jadwalnya jadi ikut ke sini. Untuk usia 6-11 tahun itu sebanyak 271.000 target dua minggu ini kita upayakan maksimal," kata Rika. (hrl)

Komentar

Jabar Lainnya