TOP 0 Jabar

Operasi pasar murah minyak goreng di Kantor Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2022).

SUKABUMI, JPNews - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) menggelar operasi pasar murah minyak goreng pada Rabu (12/1/2022). Operasi pasar disebar di empat lokasi, antara lain di kantor Kelurahan Cisarua, Kelurahan Citamiang, kantor Kecamatan Warudoyong dan Kecamatan Baros. Operasi pasar dilakukan untuk menekan tingginya harga minyak goreng.

Kepala Bidang Perdagangan Diskumindag Kota Sukabumi, Widya Yudha Setiawan mengungkapkan, minyak goreng yang didisitribusikan merupakan bantuan dari pemerintah pusat, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, yang kemudian diserahkan ke daerah. Ia menyebut Kota Sukabumi mendapat jatah sekitar 7.200 liter. Minyak goreng kemasan yang dijual dalam operasi pasar dibanderol Rp 14.000.

"Untuk sementara operasi pasar komoditas minyak goreng murah di Kota Sukabumi hanya didistribusikan satu hari ini saja di empat lokasi. Ada yang di kantor kelurahan, ada yang di kantor kecamatan. Operasi pasar ini terbuka untuk umum dari pagi sampai sore. Pembeliannya dibatasi, masyarakat tidak boleh membeli lebih dari dua botol kemasan minyak goreng. Alhamdulillah berjalan lancar, masyarakat antusias," ungkap Yudha.

Yudha melanjutkan, operasi pasar serupa rencananya akan digelar Senin pekan depan dengan sasaran lokasi di Pasar Pelita dan Pasar Gudang. "Di kedua lokasi tersebut rencananya akan didistribusikan 20.000 liter minyak goreng kemasan dengan harga yang sama, yakni Rp 14.000 per liter," imbuhnya.

Ditanya mengenai fluktuasi harga bahan pokok penting di pasaran, Yudha menyebut harga telur ayam negeri terpantau berangsur turun dari Rp 30.000 per kilogram menjadi Rp 26.000 per kilogram. Sedangkan harga minyak curah masih berada di kisaran Rp 17.250 per liter, belum mencapai harga normal di kisaran Rp 11.500 per liter.

"Untuk daging ayam broiler harganya masih dikisaran Rp 38.000 sampai Rp 39.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga bahan pokok lainnya seperti beras, terigu, bawang merah dan daging sapi sejauh ini masih stabil. Penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar. Tapi kita tetap terus melakukan pengawasan di lapangan," pungkas Yudha. (hrl)

Komentar

Jabar Lainnya