SUKABUMI, JPNews - Kota Sukabumi, Jawa Barat sudah memulai vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19. Vaksinasi dosis ketiga ini dilakukan secara serentak di tujuh puskesmas di wilayah Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Lulis Delawanti menjelaskan, hari ini Kota Sukabumi melaksanakan kick off vaksinasi dosis ketiga atau booster yang dilaksanakan secara serentak di tujuh puskesmas.

"Dengan persyaratan untuk bisa divaksin booster diantaranya sudah divaksin dua kali dan penyuntikan dosis kedua dilakukan dalam rentan waktu 6 bulan atau lebih serta usia sudah lebih dari 17 tahun ke atas," jelas Lulis disela-sela kick off vaksinasi booster di Puskesmas Selabatu, Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2021).

Lanjut Lulis, untuk vaksinasi booster hari ini, karena regimen dari Kementerian Kesehatan ada tiga pilihan, maka sesuai dengan stok vaksin yang dimiliki Kota Sukabumi maka vaksin booster yang diberikan Astrazeneca.

"Bagi masyarakat yang menerima dosis 1 dan 2 Sinovac, maka dosis ketiganya atau boosternya kita berikan Astrazeneca setengah dosis," terang Lulis.

Menurutnya, target sasaran vaksinasi booster di hari pertama ini diatas 2000 yang dilaksanakan di tujuh puskesmas. Tapi, per hari ini data yang sudah enam bulan di vaksin dosis kedua Sinovac itu ada 48 ribu orang.

"Kita berharap sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan bahwa semua masyarakat dapat menerima vaksin booster. Tapi di prioritaskan untuk lansia dan yang memiliki komorbid itu yang memiliki resiko yang tinggi. Ke depannya jadwal vaksinasi booster ada di setiap puskesmas," pungkas Lulis. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya