TOP 0 Edukasi



SUKABUMI, JPNews - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Mohamad Muraz mengunjungi Perguruan Yasti (Yayasan Tarbiyah Islamiyah), yang terletak di Jalan Veteran, Cisaat, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Minggu (02/01/2022).

Kunjungan dilakukan mantan Wali Kota Sukabumi periode 2013-2018 ini untuk bersilaturahmi, kunjungan itu merupakan kali pertama dirinya mengunjungi Perguruan Yasti.

Dalam kunjungannya itu, Muraz disambut Asep Ikhwan selaku Ketua Dewan Pembina Yasti. Tak hanya itu, Muraz juga berdialog dengan sejumlah guru dan pengurus yayasan Perguruan Yasti. Selain berdialog, Muraz melihat fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di Perguruan Yasti.

Muraz menyampaikan, melihat Yasti ini luar biasa, memang eksistensinya sudah lama, tapi di era reformasi dan era covid ini dimana murid-murid lebih berfikir sekolah negeri. Ternyata Yasti dengan kreativitasnya bisa survive yang luar biasa sehingga tidak banyak kehilangan siswa.

"Nah.. disini barangkali perlu mendapat perhatian dari pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahwa tidak semua masyarakat bisa di didik melalui sekolah-sekolah negeri sehingga perlu juga diperhatikan oleh pemerintah dengan bantuan-bantuan untuk pengembangan sekolah tersebut," beber Muraz.

Lanjutnya, peranan swasta ini sangat besar karena itu harus mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah, minimal ada subsidi. Sekarang memang sudah ada dari dana BOS dan sebagainya.

"Tapi, yang jadi masalah sekarang ketika guru-guru dari Yasti misalnya, ada yang lulus P3K ternyata tidak dikembalikan ke Yasti. Nah harusnya ini kembali menjadi pertimbangan. Guru-guru yang asalnya dari swasta, ya kembalikan ke swasta, perbantukan untuk jadi subsidi dari pemerintah," cetus Muraz.

Dalam kesempatan itu, Muraz juga memastikan bahwa walau pun bukan komisinya, pihaknya bisa merekomendasikan melalui komisi yang bersangkutan melalui Fraksi Demokrat dari komisinya saat ini.

Menurutnya, di Sukabumi memang diperlukan politeknik mungkin yang pendidikan vokasi. Sekarang politeknik-politeknik yang berkaitan dengan kondisi dan juga geografis di Sukabumi juga diperlukan.

"Harusnya diberi kesempatan dan Yasti sudah cocok, disitu kan sudah ada berbagai lembaga pendidikan, mulai dari Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMK, SMA dan Pondok Pesantren sudah lengkap prasarana dan sarana juga sudah sangat memadai dengan luas 3 hektar," terang Muraz.

"Terkait dukungan terhadap Yasti, kalau secara pribadi saya sangat mendukung, dan nanti akan kita sampaikan kondisi seperti tadi," ungkap Muraz.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yasti, Asep Ikhwan menuturkan, alhamdulilah, hari ini Yasti kedatangan tamu besar dari DPR RI, yaitu pak Muraz dari Fraksi Partai Demokrat. Salah satu yang membuat kami bangga bahwa beliau mendukung kami untuk menghadirkan Sekolah Tinggi di kawasan Perguruan Yasti untuk menciptakan generasi bangsa yang berpendidikan luas, agamis dan inovatif.

"Alhamdulilah, saat ini perguruan YASTI telah memiliki berbagai lembaga pendidikan, mulai dari Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMK, SMA dan Pondok Pesantren dengan jumlah siswa hingga ribuan. Insyaalloh nantinya akan lebih baik lagi bila didukung dengan adanya Sekolah Tinggi di Perguruan Yasti," ucap Asep.

"Semoga hal ini bisa terlaksana, sehingga kami dari perguruan YASTI dapat membantu Negara dalam mewujudkan generasi bangsa yang agamis, berwawasan luas, inovatif dan produktif," pungkas Asep.(drw/bsj)

Komentar

Edukasi Lainnya