TOP 0 Edukasi



SUKABUMI, JPNews - Yayasan Tarbiyah Islamiyah (Yasti) Cisaat, Kabupaten Sukabumi menggelar Program Literasi Digital dengan menyasar peserta siswa-siswi dari berbagai lembaga Yasti.

Kegiatan dilaksanakan secara online dan offline di di GOR Yasti, Jalan Veteran Desa Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/11/2021).

Program Literasi Digital yang mengusung tema "Melawan Hoax dan Menjaga Keamanan Data Pribadi" tersebut menghadirkan dua orang Narasumber dari PLT Direktur ICT Watch Widuri dan Sekertaris Relawan TIK Kabupaten Sukabumi Fikri Hasan.

Disamping itu turut serta hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin dan Ketua Dewan Pembina Yasti, Asep Ikhwan Awaludin sebagai Keynote Speech.

"Ini adalah kegiatan yang keempat kalinya yang dilaksanakan di Perguruan Yasti, yaitu pada awal tahun, kami telah melaksanakan upgrading untuk pemanfaatan media online, karena di masa pandemi ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait pembelajaran secara online, maka kami juga melaksanakannya secara online bersama dengan 83 Kelas dari 6 sekolah yang kami kelola," beber Ketua Dewan Pembina Yasti Asep Ikhwan Awaludin  kepada awak media.

Tahap selanjutnya, Asep menuturkan, kami mengadakan kegiatan Literasi Digital dengan Kominfo dan relawan TIK untuk kecakapan digitalnya, dimana kami bekali guru dan siswa untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan berbagai alat, baik perangkat kerasnya, seperti handphone, Laptop maupun aplikasi.

"Selanjutnya kami juga mengadakan kembali kegiatan Literasi Digital lagi dengan Kominfo, jadi ini adalah yang keempat kalinya," terang Asep.

Menurutnya, kebetulan, Perguruan Yasti ditunjuk oleh ICT Watch dan Relawan TIK untuk menjadi mitra, menyelenggarakan sosialisasi melawan hoax dan menjaga keamanan data pribadi.

Asep menambahkan, bahwa eksistensi remaja khususnya pelajar sekolah di media sosial sangat riskan terhadap keamanan data pribadinya masing-masing, sehingga diperlukan edukasi dan Literasi Digital untuk kecakapan dan keamanan pelajar sekolah.

"Dengan maraknya media sosial yang diakses oleh para siswa melalui telepon genggam hampir di setiap waktu, maka kita harus melindungi data pribadi para siswa kita, sehingga tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ungkap Asep.

"Saya kira, kegiatan ini adalah hal yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Perguruan Yasti mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak ICT Watch, Relawan TIK dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi yang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan ini," pungkas Asep. (bsj/drw)

Komentar

Edukasi Lainnya