SUKABUMI, JPNews - Ratusan massa Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi menggeruduk Gedung DPRD Kota Sukabumi, Selasa (30/11/2021). Mereka melakukan aksi unjuk rasa menuntut Politikus PDIP Junimart Girsang meminta maaf atas pernyataannya yang meminta Kemendagri untuk membubarkan PP.

Pantauan JPNews dilokasi, massa PP Kota Sukabumi tiba dan berkumpul di depan Gedung DPRD Kota Sukabumi sekitar 14:00 WIB. Massa PP yang hadir mengenakan atribut loreng oranye hitam, selain itu, tampak pula massa membawa bendera serta spanduk bertuliskan nada protes dan gambar Junimart Girsang.

Mayoritas massa tiba di lokasi dengan berjalan kaki. Sebelumnya mereka melakukan longmarch terlebih dahulu dari MPC PP Kota Sukabumi di seputaran Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Sukabumi.

Massa PP ini kemudia langsung melakukan orasinya. Salah satu yang disuarakan yakni meminta agar Junimart meminta maaf secara terbuka menyusul ucapannya yang meminta ormas Pemuda Pancasila dibubarkan.

"Tuntutan aksi unjuk rasa ini menekankan agar Junimart Girsang bertanggung jawab atas ucapannya serta menyampaikan permintaan maaf secara terbuka, salah satunya melalui media nasional agar publik bisa melihat secara langsung," tegas Koordinator Aksi, Gilang Gusmana usai aksi unjuk rasa.

Menurutnya, DPRD Kota Sukabumi sebagai penampung aspirasi diminta menyampaikan langsung secara kelembagaan kepada DPR RI terkait tuntutan massa aksi. “Kemudian kami juga meminta Junimart Girsang agar datang langsung menghadap pimpinan kami di pusat untuk meminta maaf langsung," ungkap Gilang.

Lanjutnya, hadirnya kami di Gedung DPRD Kota Sukabumi ini juga meminta agar aspirasi kami disampaikan oleh DPRD secara institusi kepada DPR RI. "Alhamdulillah direspon dengan cukup baik, tadi Ketua DPRD Kota Sukabumi yang secara langsung menerima massa aksi dan akan segera menindaklanjuti. Kita apresiasi tentu,” beber Gilang.

Ia menambahkan, pihaknya akan menunggu waktu hingga tiga hari ke depan terkait upaya tindak lanjut dari DPRD Kota Sukabumi. “Dalam 3x24 jam kita akan mengkonfirmasi kembali langkah konkret apa yang dilakukan DPRD Kota Sukabumi secara institusi terkait apa yang menjdi tuntutan massa aksi. Kita tunggu saja, mudah-mudahan DPRD bisa menyampaikannya,” pungkas Gilang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman mengapresiasi aksi unjuk rasa berlangsung tertib dan kondusif. Terkait tuntutan massa aksi yang mendesak DPRD bersikap secara institusi, Kamal Suherman yang merupakan representasi Partai Gerindra itu mengaku akan menindaklanjuti dengan mengumpulkan unsur pimpinan DPRD, tidak akan ia putuskan sendiri.

“Pertama saya ucapkan terima kasih massa aksi telah berunjuk rasa dengan damai, aman dan tertib. Mengenai aspirasi, ormas Pemuda Pancasila, sekalipun saya sebagai ketua tentu harus bermusyawarah dengan unsur pimpinan lainnya. DPRD sebagai lembaga penampung aspirasi masyarakat, serta Pemuda Pancasila sebagai bagian dari masyarakat, aspirasinya tentu harus kita tampung, sesuai dengan aturan dan mekanisme. Intinya aspirasi dari masyarakat ini akan kita sampaikan ke pihak yang dituju,” singkat Kamal. (hrl/drw)

Komentar

Jabar Lainnya