SUKABUMI, JPNews - Mohamad Muraz selaku Anggota MPR RI kembali melanjutkan sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) di  Aula Yayasan Wira Utama, Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/11/2021).

Kali ini kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan diikuti warga dan tokoh masyarakat Nyalindung. Kepada ratusan hadirin yang datang, Muraz mengingatkan bahwa merupakan kewajiban pemerintah untuk kembali mensosialisasikan dan membumikan Pancasila.

Baca juga: Muraz Ingatkan Masyarakat Pentingnya Sertifikat Tanah

"Karena setelah era reformasi beberapa dekade orang jarang lagi berbicara tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

"Terutama kepada generasi penerus, bagaimana kita bisa melestarikan Pancasila apalagi berbicara tentang ideologi dan dasar negara," tutur Muraz yang juga Anggota DPR RI Fraksi Demokrat ini.

Menurutnya, dari persentasi susah untuk mengukur persentasinya, cuman kalau dari hasil survei-survei, ternyata mayoritas generasi muda saat ini kurang memahami Pancasila.

"Sehingga mau diganti atau tidak Pancasila mereka tidak peduli. Ini kan tantangan bagi kita semua," tegas Muraz.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Muraz: Berikan Kewenangan KPU Secara Leluasa Sesuai UU

Terkait pengajuan kembali Pancasila masuk kurikulum pelajaran, Muraz menyebutkan, dari Komisi II DPR RI nampaknya sudah sepakat agar kurikulum Pancasila ini dikaji ulang dan kembali dimasukan ke dunia pendidikan, baik di tingkat TK mungkin, SD, SMP, sampai perguruan tinggi seperti dulu.

"Karena, ini harus terus tentang ideologi Pancasila. Harus ada yang khusus tentang dasar negara, tentang berbangsa dan bernegara khususnya 4 pilar ini harus diberikan menjadi salah satu materi di kurikulum pendidikan kembali. Dan ini sudah direspon baik oleh pemerintah sedang dipersiapkan," pungkas Muraz. (drw)

Komentar

Politik Lainnya