MANADO, JPNews - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian membuka pelatihan Dive Guide bersertifikat bagi 40 pemandu selam yang merupakan kader PKK di desa lokasi pariwisata di Sulawesi Utara, awal November 2021.

"Kemampuan yang andal dalam diving atau menyelam diharapkan dapat bermanfaat dan dipraktikkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan produktif terkait kepariwisataan. Hal ini mengingat wilayah Kota Manado memiliki potensi wisata diving yang unggul," ujar Tri dalam kegiatan itu.

Baca juga: TP PKK Pusat Berikan Bantuan Makanan Bergizi ke Posyandu di Palu Timur

Di samping itu, ungkap Tri, kegiatan pelatihan dive guide bagi kader PKK ini juga merupakan upaya penguatan kelembagaan PKK sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan yang menjadi mitra pemerintah desa/kelurahan.

"Penguatan kelembagaan PKK sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu menciptakan iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang dan menguatkan potensi daya yang dimiliki masyarakat, sehingga terwujudnya peningkatan kapasitas kader pengurus PKK," tandasnya.

Pelatihan yang digelar atas kerja sama antara PKK dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya para kader PKK, dalam hal yang positif dan bermanfaat. Selain itu, melalui pelatihan Dive Guide ini diharapkan kualitas pariwisata di Sulawesi Utara dapat meningkat. Lalu, dengan meningkatnya minat terhadap wisata selam ini, diharapkan industri penyelaman dan destinasi wisata di Indonesia juga ikut terbantu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan mengungkapkan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia merasa senang karena mendapat kesempatan berharga dikunjungi langsung oleh Ketua Umum TP PKK bersama rombongan dalam rangkaian pelatihan ini. Pada kesempatan itu, dia juga mengharapkan bimbingan dan arahan dari TP PKK Pusat dalam memotivasi TP PKK di daerah untuk berkiprah di tengah masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris TP PKK Kota Manado dr. Merry Sualang Mawardi, Sp.A, Ketua Pokja 1 TP PKK Pusat Lina La Ode, Sekretaris 2 TP PKK Pusat Lisna Ardian, Sekretaris 4 TP PKK Pusat Nurniyati, bersama peserta Pelatihan Kader PKK “Dive Guide” dan TP PKK Kota Manado.

Sumber: Puspen Kemendagri

Komentar

Daerah Lainnya