SUKABUMI, JPNews - Anggota Komisi II DPR RI Mohamad Muraz mengajak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai mitra kerja Komisi II menggelar sosialisasi Program Strategis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diikuti tokoh masyarakat dan pemangku kebijakan di Hotel Pangrango, Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/9/2021).

"Jadi masalah pertanahan ini bukan hanya PTSL saja, di Kabupaten Sukabumi banyak masalah pertanahan yang berkaitan dengan lahan Hak Guna Usaha (HGU)," beber Muraz.

Politikus Demokrat ini mendorong agar masyarakat sadar sertifikat tanah salah satunya gencar melakukan sosialisasi.  "Setiap saya reses, saya sampaikan sertifikat itu bukan kepentingan BPN saja. BPN hanya merapihkan, tapi kepentingan utamanya kita pemilik tanah," ungkap Muraz.

Menurutnya, jangan sampai tanah yang dimiliki tanpa surat-surat nanti jadi sengketa. "Kalau jadi sengketa kan jadi repot sendiri," tegasnya.

"Makanya manfaatkan PTSL ini sebaik-baiknya, itu selalu saya sampaikan ke BPN. Kalau memang sosialisasi dengan masyarakat kami siap membantu kalau diajak," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri ATR/BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Kementerian ATR/BPN Della Abdullah menuturkan,  Kementerian ATR dan BPN dalam rangka memberikan kemudahan layanan pertanahan telah melaksanakan reformasi digital.

Antara lain pengecekan sertifikat tanah , Hak Tanggungan/HT elektronik, roya, informasi nilai tanah. Dan Layanan Loketku yang akan segera diluncurkan.

"Jadi itu semua sudah berbasis digital. Sehingga masyarakat dapat menggunakan layanan pertanahan tanpa batas dan dapat diakses di mana saja," terang Della.

Lanjutnya, Layanan digital ini bertujuan mencegah adanya praktik mafia tanah hingga memotong jalur birokrasi yang sela ini banyak ditemukan masyarakat.

"Dengan digitalisasi akan meminimalisir sengketa tanah, terutama pencegahan praktik-praktik mafia tanah, tumpang tindih serfitikat serta memotong jalur birokrasi yang selama ini banyak ditemukan oleh masyarakat," ungkap Della.

Ia menambahkan, dengan sosialisasi PTSL dapat meningkatkan kesadaran masyarakat masyarakat di Kabupaten Sukabumi untuk turut serta menyertifikatkan tanahnya.

"Sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap dan masyarakat di Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut serta menyertifikatkan tanahnya. Kita jemput bola aktif tujuan utamanya untuk meningkatkan kemakmuran rakyat secara setinggi tingginya," pungkas Della. (drw/sur)

Komentar

Jabar Lainnya