BOGOR, JPNews - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi pesan khusus, saat Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021.

HUT tahun ini mengusung tema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti" dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian ini, di Istana Bogor dengan pembatasan jumlah peserta dan dilangsungkan secara virtual.

Presiden RI Joko Widodo juga memberikan amanatnya secara virtual dari tempat berbeda

Presiden dalam amanatnya mengatakan, pelaksanaan HUT Pramuka tahun ini sengaja dilakukan secara virtual sebagai bentuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan agar semua terlindung dari Covid-19.

"Ini tahun ke dua kita memperingati HUT Pramuka dalam suasana pandemi.

Biasanya hari Pramuka dirayakan dengan upacara di lapangan yang diikuti peserta lengkap. Namun tahun ini, kita melakukan secara virtual," kata Jokowi saat membacakan amanatnya, seperti disiarkan secara daring, Sabtu (14/8/2021).

Presiden Joko Widodo pun berterima kasih kepada semua anggota Pramuka yang bahu- membahu membantu penanganan pandemi covid 19 di lingkungannya masing-masing.hal itu sesuai jiwa Pramuka sejati yang rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat suku, agama, ras, dan antar golongan.

"Pramuka Indonesia harus menjadi teladan, tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, dan bersedia berkorban, serta menolong," ucapnya.

Menurutnya, Pramuka harus menjadi pelopor kedisiplinan termasuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan, diingatkan. Termasuk ajak teman-teman berusia 12 tahun ke atas untuk divaksin. Sebab, kunci utama keluar dari pandemi ialah disiplin mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengajak semua pelajar untuk giat belajar di mana saja dan kapan saja,  Para pelajar Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Harus adaptif mengejar kemajuan teknologi, Mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel, dan cerdik. Namun jangan lupa dengan identitas bangsa," tegasnya

Selain itu, Pramuka Indonesia harus optimis melihat masa depan dengan membangun karakter kebangsaan yang kokoh.

"Mengamalkan nilai Pancasila, menjaga NKRI dan merawat kebhinekaan," ajaknya. (jay)

Komentar

Nasional Lainnya