SUKABUMI, JPNews - Vaksinasi adalah salah satu strategi pemerintah dalam melakukan penanganan dari pandemi Covid-19.

Sementara ketersedian Vaksin Covid-19 di Kota Sukabumi, Jawa Barat ternyata sudah menipis. Bahkan saat ini stok yang ada di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi hanya tersisa 5 vial, itupun digunakan dalam kondisi darurat.

"Iya stok yang ada saat ini cukup hanya untuk 50 orang saja," beber Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, pada Jumat (30/7/2021) lalu.

Pertanyakan Vaksin Berbayar Batal, Muraz: Stok Perlu Diserap

Menurut Fahmi, kekuranganya vaksin Covid-19 masih menunggu kiriman dari Provinsi Jawa Barat.

"Hanya saja sampai saat ini Pemkot Sukabumi belum menerima kembali, padahal baru-baru ini Kota Sukabumi baru saja meluncurkan vaksinasi untuk usia 12-17 tahun. Pasokan vaksin memang belum sampai," terang Fahmi.

Menyoroti ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut, Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi Partai Demokrat Dapil Jabar IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi) Mohamad Muraz angkat bicara, saya melihat vaksin di daerah itu selalu kekurangan jadi sulit target pemerintah menargetkan program vaksin Covid-19 ini menjangkau 181 juta penduduk Indonesia atau sekitar 80%.

Baca juga: Soal Penyaluran Bansos, Muraz: Berikan Kepercayaan Pemerintah Daerah

"Padahal Presiden Jokowi menegaskan vaksinasi Covid-19 penting dilakukan dalam upaya memutus rantai penularan virus corona, kalau vaksinnya tidak ada bagaimana vaksinasi untuk masyarakat," kata Muraz kepada JPNews, Senin (2/8/2021).

Oleh karena itu, kata Muraz, mengimbau kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Kesehatan RI Bapak Budi Gunadi Sadikin, kalau memang vaksin yang ada di Kimia Farma sudah tersedia segera gunakan lebih dahulu untuk masyarakat.

"Saya setuju saja ada vaksin yang berbayar, tapi sebaiknya 80% sampai 70% di gratiskan untuk masyarakat dan sisanya berbayar," ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi.

Ia menambahkan, jadi saatnya Kimia Farma sebagai bagian dari BUMN juga mengabdi untuk memberikan fasilitas yang gratis di Kimia Farma.

"Selain itu, yakin partai-partai juga siap untuk membantu, Saya selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi kalau vaksinnya ada siap memfasilitasi masyarakat dengan pembiayaan yang kami sediakan," ungkap mantan Wali Kota Sukabumi periode 2013-2018 ini. (drw)

Komentar

Nasional Lainnya