SUKABUMI, JPNews - Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak tingkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Penganugerahan dilakukan secara virtual pada Kamis (29/7/2021) dihadiri Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak) Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi dan jajaran Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Sukabumi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, bahwa kabupaten dan kota layak anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan, dalam bentuk program dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin kebutuhan anak dan perlindungan khusus anak.

"Sementara itu untuk penghargaan Kota layak Anak diberikan kepada kabupaten dan kota yang memliki komitmen tinggi dalam mendukung pemenuhan hak anak," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menuturkan, tentunya sebagai bukti adanya kolaborasi yang baik antara SKPD khususnya Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Sukabumi dan Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Bappeda).

Selain itu dengan berkolaborasi bersama elemen masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

''Alhamdulillah Kota Sukabumi kembali mendapatkan penghargaan kota layak anak di tahun 2021 dan lebih bersyukur lagi tahun ini naik peringkat sebelumnya Madya dan sekarang peringkat Nindya,'' ucap Fahmi.

Lanjutnya, pencapaian ini, menunjukkan bagaimana perencanaan pembangunan di kota telah mengakomodir hak anak dalam proses pembangunan.

"Di sisi lain penghargaan ini untuk semakin maju memenuhi hak anak dan melindungi anak," ujar Fahmi.

Seperti diketahui peringkat KLA yakni mulai Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. (humpro)

Komentar

Jabar Lainnya