SUKABUMI, JPNews - Gedung baru Asrama Polisi (Aspol) Presisi yang baru saja diresmikan pada Jumat (23/7/2021) langsung dialihfungsikan untuk tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19.

"Alhamdulillah kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Sukabumi Kota yang mempersilahkan asrama polisi yang baru selesai dibangun untuk sementara waktu digunakan pusat isolasi mandiri bagi warga yang membutuhkan," tutur Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi usai menghadiri peresmian Aspol Persisi, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 42 unit dan bangunan yang refresentatif. Harapannya dengan pusat Isoman Covid-19 ini, maka angka kematian semakin berkurang dan angka kesembuhan meningkat serta menekan kasus Covid-19 baru di Kota Sukabumi.

Baca juga: Baru Diresmikan, Aspol Presisi Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19

"Keberadaan pusat Isoman Covid-19 ini penting di saat kasus Covid masih tinggi, dan Kota Sukabumi masuk PPKM Level 4," terang Fahmi.

Lanjutnya, pusat isolasi mandiri ini, peruntukannya untuk yang mengalami gejala sedang, sebelum dilakukan penanganan intensif di rumah sakit.

"Untuk bisa masuk ke pusat isolasi ini harus memenuhi kriteria tersendiri seperti bergejala mengarah sedang dan sebelum penanganan intensif di rumah sakit," ungkap Fahmi.

Menurutnya, di pusat isolasi juga disediakan petugas kesehatan yang berjaga. Harapannya ada peran Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan perguruan tinggi dalam mendukung ketersediaan tenaga kesehatan penanganan Covid-19.

"Kita juga akan menyediakan petugas kesehatan agar mereka terkontrol kondisinya. Bisa dengan melibatkan IDI, PPNI, dan perguruan tinggi bidang kesehatan" tandas Fahmi. (hms/drw)

Komentar

Jabar Lainnya