TOP 0 Ragam



SUKABUMI, JPNews - Usai menikmati menyantap hidangan penuh daging dan lemak, menu Idul Adha.

Kini saatnya bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Daging pada umumnya tinggi protein, tetapi jika terlalu banyak menyantap daging dapat menimbun lemak serta kolesterol jahat. Oleh karena itu, Anda perlu menetralisir lemak tersebut dengan minuman yang sehat dan segar.

Dikutip dari laman Cookpad, Rabu (21/7/2021), berikut 5 resep minuman sehat dan segar untuk menetralisir lemak usai makan daging kurban.

1. Teh hijau jahe madu

Teh hijau merupakan minuman asal Jepang yang cukup populer. Kandungan senyawa aktif dalam teh hijau mampu membakar lemak. Ditambah jahe dan madu, pasti rasanya akan tambah enak.

Bahan-Bahan:

- 1 rimpang kecil jahe merah (50 gram)

- 1 sachet teh hijau celup

- 1 sachet madu

Cara Membuat:

- Siapkan bahan. Bersihkan jahe lalu geprek. Taruh jahe ke gelas/cangkir.

- Tambahkan air mendidih. Tambahkan teh celup. Tutup gelas yang telah berisi jahe, teh, dan air kurang lebih 5 menit.

- Buka tutup gelas, tambahkan madu. Aduk rata. Sajikan.

2. Jus tomat dan mentimun

Campuran tomat dan mentimun bisa menetralisir racun lemak dalam tubuh sekaligus menambah nutrisi vitamin A serta memasok asupan air.

Bahan-Bahan:

- 1 buah timun

- 2 buah tomat

- 1/2 gelas air minum

- 1 sdm madu

Cara Membuat:

- Cuci bersih bahan. Lalu siapkan dengan bahan lainnya. Buang kedua ujung buah timun, kemudian potong potong kecil. Potong juga tomatnya. Masukkan ke gelas blender. Tambahkan air.

- Blender sampai halus. Pindahkan ke gelas saji, tambahkan madu. Sajikan.

3. Es yoghurt cocktail

Minuman olahan susu yang terkenal ini memang sangat bagus untuk membawa lemak keluar dari tubuh melalui feses. Karena itu, BAB akan lebih lancar jika Anda rutin mengonsumsi yoghurt.

Bahan-Bahan:

- Fruit cocktail secukupnya

- 1 sdt selasih, rendam air dingin hingga mekar

- Yoghurt secukupnya

- Es batu secukupnya

Cara Membuat:

- Campur yoghurt dengan selasih. Aduk rata. Tata di gelas saji es batu, siram dengan yoghurt hingga 3/4 gelas.

- Tata fruit cocktail di atasnya. Sajikan.

4. Es wedang jahe dan rumput laut

Jahe dikenal bisa mengatasi timbunan lemak di tubuh. Sedangkan rumput lautnya akan berfungsi menjaga asupan air di dalam tubuh sehingga Anda tetap terhidrasi.

Bahan-Bahan:

- 100 gr rumput laut kering

- 9 butir kurma sukari

- 1.000 ml air mineral

- 1 sdm madu

- 2 sdm sari kurma

- 1 rimpang jahe emprit

- 200 ml UHT plain

Cara Membuat:

- Cuci rumput laut dengan air mengalir hingga bersih. Rendam dalam wadah besar dengan air mineral selama kurang lebih 3 jam.

- Masukkan rumput laut yang sudah mengembang ke blender, tambahkan air sisa rendaman dan kurma yang sudah dibuang bijinya. Pindahkan ke wadah dan simpan dalam kulkas.

- Rebus 300 ml air dan tambahkan 2 sdm rumput laut yang sudah diblender. Setelah mendidih pindahkan ke wadah, simpan dalam kulkas 2 jam. Tuang susu UHT ke gelas, tambahkan 1 sdm sari kurma dan rumput laut yang sudah di simpan di kulkas tadi.

- Cuci dan kupas jahe, rebus dengan 500 ml air sampai sisa 1/2 bagian. Tuang dan saring, masukkan 1 sdm madu dan 1 sdm sari kurma. Tunggu agak hangat, campurkan dengan bahan yang sudah didinginkan di kulkas sebelumnya.

5. Jus nanas jeruk

Nanas dan jeruk sama-sama diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol dan melarutkan lemak tubuh. Adanya d-limone ditambah vitamin C membuat tingkat lemak maupun kolesterol bisa cepat terbuang, terlebih saat kita selesai mengonsumsi daging.

Bahan-Bahan:

- 1 buah nanas honi

- 5 jeruk peras

- 120 gr kental manis

- 300 ml air dingin

Cara Membuat:

- Siapkan semua bahan lalu potong-potong nanas dan peras jeruknya.

- Tuang buah ke blender, tambahkan air dan kental manis. Blender hingga halus dan koreksi rasa. Jika sudah ok bisa disajikan. Selamat mencoba.

Sumber: okezone

Komentar

Ragam Lainnya