SUKABUMI, JPNews - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperingati hari jadinya atau lebih dikenal sebagai Hari Bhayangkara yang ke 75 pada hari ini, Kamis (1/7/2021).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19, peringatan tahun ini dilakukan dengan upacara virtual yang dipimpin Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hingga syukuran.

"Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 75 dan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19," kata Jokowi usai memimpin upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Lanjutnya, meminta Polri beserta jajarannya agar tidak lengah menjalankan tugas pokoknya. Polri diminta untuk tidak lengah dalam melakukan penegakan hukum dan memberikan perlindungan ke masyarakat. Disamping itu, juga meminta aparat kepolisian untuk belajar menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin berkembang. Bukan tidak mungkin, hal tersebut bisa menjadi ancaman nyata di masa depan.

"Bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat bangsa dan negara juga semakin kompleks. Polri harus berpacu menguasai IPTEK agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir," ungkap Jokowi.

Disamping itu, Jokowi mengingatkan Polri agar bijak dalam menggunakan kewenangannya saat melakukan penangkapan, penahanan hingga penggeledahan. Sebab, lanjutnya, Indonesia merupakan negara demokrasi.

"Ingat bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia," kata dia.

Jokowi meminta agar Polri tidak hanya tampil tegas dan tanpa pandang bulu. Polri, kata dia, juga harus tampil sebagai pengayom, berwajah ramah dan presisi.

"Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat," katanya.

Sementara itu, Setelah mengikuti upacara secara virtual, Setukpa Lemdiklat Polri menggelar acara syukuran peringatan hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021 secara sederhana dan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19 yang digelar dilapangan Sutadi Ronodipuro.

"Seiring bertambahnya usia dan perkembangan zaman, Polri terus melakukan transformasi, Bapak Presiden mengapresiasi kinerja Polri dengan banyaknya kasus besar yang telah diselesaikan dengan baik, dalam setiap tantangan tugas Polri selalu ada, hal ini merupakan wujud transformasi Polri, maka dari itu kita harus berbangga dengan pencapaian yang sudah di apresiasi oleh Bapak Presiden," papar Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto kepada awak media, Kamis (1/7/2021).

Mardiaz juga mengingatkan bahwa 75 tahun adalah usia yang seharusnya Polri sudah profesional dan sudah melaksanakan tugas sesuai visi misinya. "Sudah saatnya Polri memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ucap Mardiaz.

Kegiatan syukuran peringatan Hari Bhayangkara ke 75 yang digelar Setukpa Lemdiklat Polri, diawali dengan Korp Raport kenaikan pangkat personel Setukpa Lemdiklat Polri, dilanjutkan pembagian hadiah lomba kebersihan antar blok asrama dan antar Batalyon siswa, pemotongan tumpeng dan pelepasan personel Setukpa yang purna tugas pada tahun 2021.

Kegiatan syukuran ditutup dengan pelepasan 16 personel Setukpa Lemdiklat Polri yang purna tugas pada tahun 2021, terdiri dari 7 personel Polri dan 9 PNS. (cnbc/hms)

Komentar

Jabar Lainnya