TOP 0 International




JAKARTA, JPNews - Dinilai tidak memiliki rasa simpati terhadap Palestina atas penyerangan yang dilakukan oleh Israel belakangan ini, rating aplikasi Instagram dan Facebook terus diserbu netizen. Hingga Kamis (20/5) sore, tercatat rating Instagram di Google Play Store terjun bebas ke angka 3,8. Sedangkan Facebook di angka 2,4.

Bukan hanya itu saja, berbagai komentar pedas juga tertulis dalam kolom komentar aplikasi Facebook dan Instagram yang ada di Google Play Store.

Baca juga: Gara-gara Sensor Unggahan Isu Palestina, Rating Faceebook Terjun Bebas di Play Store

Rating bintang pada sebuah aplikasi yang berada di Google Play Store memang berpengaruh terhadap kelangsungan aplikasi di marketplace aplikasi android milik Google tersebut.

Namun tidak ada yang bisa memastikan terkait algoritma yang digunakan Google Play Store untuk menghapus jajaran aplikasi dengan rating buruk dari Google Play Store.

Dalam jagat digital, rating adalah baik-buruknya muka. Di dunia ride sharing, misalnya, rating adalah tolok ukur kepuasan pelanggan ketika menggunakan layanan transportasi online. Bila seorang mitra ojek atau taksi online mendapat peringkat di bawah standar, maka kemitraan mereka terancam. Mitra dianggap tidak bisa memberikan layanan sesuai standar perusahaan pengelola. Para mitra bisa di-suspend atau bahkan diputus mitra.

Baca juga: Demi Palestina! Ormas Garis Turun ke Jalan Gelar Aksi Protes Lawan Agresi Israel

Google, selaku pemilik Play Store memiliki hitung-hitungan rating tersendiri. Pemberian nilai rating diutamakan diambil dari tinjauan baru pengguna, bukan keseluruhan review yang diberikan semenjak aplikasi ada.

Google mengklasifikasi pemberian rating buruk dalam tiga kategori. Pertama, bad content (konten buruk) yakni ulasan di luar topik atau cenderung mengumbar kebencian. Kedua, ada fake review (tinjauan palsu) yakni setiap ulasan yang berupaya mempengaruhi posisi aplikasi dalam pemeringkatan secara berlebihan, baik dengan menggelembungkan jumlah tinjauan positif atau memberikan ulasan buruk agar aplikasi memiliki peringkat baik atau buruk. Ketiga, ada tinjauan yang berasal dari pengguna asli, tetapi mereka telah ditawari uang atau imbalan.(wan)

Komentar

International Lainnya