JAKARTA, JPNews – Guna meningkatkan kualitas publikasi kelitbangan, Badan Litbang Kemendagri menggelar Rapat Optimalisasi Publikasi di Lingkungan Badan Litbang Kemendagri, Rabu (19/5).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Litbang Kemendagri A. Fatoni yang bertindak sebagai pembicara kunci. Selain itu, hadir pula Tenaga Ahli Kehumasan Kemendagri Reza Fahlevi, Kepala Bidang Humas, Pusat Penerangan Setjen Kemendagri Aang Witarsa, para Kepala Pusat Litbang, Pejabat Administrasi, dan Peneliti di Badan Litbang Kemendagri.

Mengawali sambutan, Fatoni meminta seluruh jajarannya agar menyampaikan kerja-kerja kelitbangan yang selama ini dilakukan melalui berbagai kanal media sosial. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui hasil kelitbangan yang dihasilkan. Selain itu, dirinya juga meminta agar seluruh jajaran pegawai di lingkup Badan Litbang Kemendagri mulai mempelajari teknis publikasi.

Mengingat saat ini keterbukaan informasi publik sangat dibutuhkan.

“Diharapkan Bapak dan Ibu juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat saat membuat konten publikasi,” ujar Fatoni.

Fatoni menilai selama ini tim media Badan Litbang Kemendagri telah bekerja cukup optimal. Berbagai konten yang termuat di website, majalah, instagram, podcast, dan youtube juga telah diproduksi dengan baik. Karena itu penting bagi seluruh unsur pegawai Badan Litbang Kemendagri untuk mendukung upaya tersebut, agar tercipta hasil publikasi yang lebih memuaskan.

“Terima kasih atas kinerja tim media selama ini. Mari kita terus isi dengan berita-berita positif,” tambahnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kehumasan Kemendagri Reza Fahlevi menyampaikan pihaknya sejauh ini telah membuat berbagai konten edukatif dan kreatif untuk masyarakat. Upaya ini bertujuan untuk menyampaikan kerja-kerja dari setiap komponen di lingkup Kemendagri agar dapat diketahui oleh masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, dirinya mengaku memiliki tantangan tersendiri.

Sebab bahasa komunikasi pemerintah sering kali sulit dipahami masyarakat. Karena itulah dirinya menyiapkan strategi khusus. Beberapa di antaranya seperti menggandeng key opinion leader (KOL), influencer, dan menyiapkan platform tulisan khusus. Ikhtiar tersebut dilaksanakan sebagai langkah agar masyarakat mudah menerima konten yang dihasilkan Kemendagri.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Dalam Negeri, kami diminta agar bagaimana komponen-komponen yang ada di Kemendagri untuk lebih ditonjolkan,” terangnya.

Reza menambahkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan Pusat Penerangan Setjen Kemendagri. Terutama dalam hal menyajikan konten baik dalam bentuk tulisan, maupun visual. Ke depan, dirinya berkomitmen terus kerja sama lebih intens dengan berbagai pihak. Hal itu dilakukan guna melahirkan informasi Kemendagri yang berkualitas dan dapat diterima masyarakat. “Kita ingin kinerja kemendagri semakin terdongkrak,” pungkasnya.

Selain itu, dalam acara tersebut Aang Witarsa mengatakan komitmennya untuk terus dapat bersinergi dengan Badan Litbang Kemendagri. Dirinya mengaku siap bekerja sama dalam menghasilkan kualitas publikasi yang lebih baik. “Saya ingin forum ini bisa dilanjutkan dengan bersama-sama menghasilkan informasi kelitbangan yang berkualitas,” pungkasnya.

Sumber: Puspen Kemendagri

Komentar

Nasional Lainnya