TOP 0 Ragam



SUKABUMI, JPNews - Tahukah kamu Android itu ada sejak 18 tahun lalu. Sistem operasi android berawal dari Android Inc yang didirikan pada tahun 2003 yang kemudian diakuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005.

Sejak saat itu hingga saat ini Google dan Android sebagai anak perusahaannya semakin gencar mengembangkan sistem operasi Android untuk digunakan pada perangkat mobile.

Dengan mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux. Dari perkembangan Android yang tidak sebentar ini kamu bisa belajar bahwa proses adalah hal yang terpenting.

Menurut statcounter pangsa pasar android di dunia mencapai 72.26% sedangkan pesaingnya yakni iOS menempati urutan kedua dengan pangsa pasar 27.03%. Salah satu faktor yang menyebabkan Android populer adalah sumber kodenya dirilis secara Open Source.

Open Source sendiri, menurut wikipedia berarti perangkat lunak sumber terbuka adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan

Google dalam memberikan nama untuk versi Androidnya sangat menarik. Dari mulai Android rilis untuk komersial selalu diberikan nama yang berkaitan dengan makanan manis dan sesuai urutan abjad, hanya saja untuk Android versi terbaru dinamai Android 10 untuk memperingati bahwa Android telah berjalan 1 dekade. Mari kita simak urutan perkembangan versi Android hingga saat ini.

Berikut adalah versi android dari pertama rilis hingga versi saat ini.

Di urutan pertama ada Android versi 1.0 Alpha. Operating System (OS) Android yang satu ini di rilis pada bulan September tahun 2008. Meskipun telah dirilis, namun ternyata OS ini tidak dirilis untuk kebutuhan komersial.

Kemudian lanjut di versi selanjutnya, ada versi Android 1.1 Betha. OS yang di luncurkan pada bulan Febuari tahun 2009 ini, masih sama seperti generasi sebelumnya, masih belum dirilis untuk komersial.

Selanjutnya, pada bulan April 2009, barulah OS android dirilis untuk kebutuhan komersial. Android versi 1.5 Cupcake dirilis untuk kebutuhan komersial. Dan pada versi ini, pertama kalinya Android mengeluarkan nama OS nya dengan menggunakan makanan manis. Pada versi ini, OS ini juga dibekali dengan sistem rotasi layar otomatis, serta system keyboard virtual.

Kemudian dilanjutkan dengan OS Android 1.6 Donut, Android 2.0 Eclair, Android 2.2 Froyo, Android 2.3 Gingebread, Android 3.0 Honeycomb, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Android 4.1 Jelly Bean, Android 4.4 Kitkat, Android 5.0 Lollipop, Android 6.0 Marshmallow, Android 7.0 Nougat, Android 8,0 Orea, Android 9.0 Pie dan terakhir Android 10.

Penulis: Sofwan Zulfikar

Komentar

Ragam Lainnya